7 Contoh Olahraga Aman Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

 Sering punya niat memperbaiki gaya hidup terutama dalam hal menjaga kesehatan dengan cara berolahraga namun tidak ingin melakukannya di luar rumah? Bisa kok! berikut adalah 7 Contoh Olahraga Aman Yang Dapat Dilakukan Di Rumah, bahkan tidak perlu alat tambahan atau jika diperlukan, cukup menggunakan alat yang sudah tersedia di rumah untuk melakukannya. Mau coba?

7 Contoh Olahraga Aman yang Dapat Dilakukan di Rumah

1. Lari atau Jalan di tempat

Mendengar kata lari bukan berarti harus menempuh jarak tertentu hingga ke luar rumah. Olahraga ringan yang satu ini dapat dilakukan di rumah dengan tempat yang tidak oeru ditentukan harus seperti ini dan itu juga dapat dilakukan dengan waktu menyesuaikan saat belum ada kesibukkan.

Misalkan saja saat bangun tidur di pagi hari sebelum mandi bisa juga melakukan olahraga lari atau jalan ditempat di dalam ruangan kamar. Bahkan saat akhir pekan tiba, olahraga yang satu ini dapat dijadikan sebagai kegiatan rutin bersama keluarga lainnya dengam mengambil tempat di teras atau kebun belakang rumah misalnya.

2. Senam Ringan

Sebagai kegiatan olahraga rutin di rumah, senam ringan dapat dilakukan dengan cara sederhana. Tidak perlu mendatangkan seorang instruktur, bisa saja dilakukan sembari menonton video senam yang sekarang ini sudah banyak tersedia gratis melalui kanal youtube.

Jika dilakukan secara berkala, olahraga senam ringan di rumah ini bisa menjadi tambahan kegiatan gaya hidup sehat yang menyenangkan, murah, aman serta tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk melakukannya.

3. Naik Turun Tangga

Jika kebetulan di rumah ada tangga ke lantai dua, ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk olahraga. Lakukan paling tidak dua hari sekali dengan volume antara 2 hingga 3 kali naik turun tangga dari atas ke bawah dan sebaliknya.

Selain bermanfaat untuk membantu menjaga pernafasan tetap sehat, olah raga ringan dengan cara naik turun tangga ini juga dapat membantu memaksimalkan kesehatan lutut dan bagian kaki lainnya.

4. Jogging

Olahraga ringan ini dapat dicoba dilakukan jika kebetulan memiliki rumah dengan halaman depan atau belakang atau pekarangan yang cukup luas. Caranya adalah memulai dengan berjalan lambat, kemudian dipercepat hingga berlari kecil yang ringan-ringan saja.

Jika dilakukan setiap hari antara 15 hingga 30 menit, olahraga jogging ini ternyata banyak sekali manfaatnya, antara lain adalah dapat membantu menjaga stamina dan juga kesehatan mental dan emosional.

Bahkan menurut dr. Karin Wiradarma yang dilansir di situs KlikDokter, olahraga jogging memiliki hingga 12 manfaat terbaik, yakni:

  1. Menurunkan Berat Badan
  2. Memperkuat Sistem Imunitas
  3. Baik Untuk Organ Jantung
  4. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru
  5. Menurunkan Resistenti Insulin
  6. Membantu Melindungi Dampak Buruk dari Stress
  7. Membantu Mengatasi Depresi
  8. Membuat Tulang Belakang Fleksibel Seiring Bertambah Usia
  9. Membantu Meningkatkan Kesehatan dan Kekuatan Tulang
  10. Memperkuat Otot
  11. Membantu Mengatasi Penuaan Dini
  12. Membantu Meminimalisir Resiko Kematian Dini

5. Olahraga Squat

Squat adalah olahraga yang dapat dilakukan dengan cara mengawali dengan posisi tubuh dalam keadaan berdiri kemudian mensejajarkan posisi kaki dengan baru kemudian menurunkan badan hingga posisi kaki membentuk posisi sudut hingga 90 derajat dan kembali ke posisi awal secara berulang.

6. Lompat Tali

Selain dikenal sebagai permainan anak-anak jaman dulu, lompat tali ini ternyata juga dapat dilakukan sebagai kegiatan olahraga ringan yang menyehatkan dan juga menyenangkan.

Olahraga Lompat Tali di Rumah

Olahraga lompat tali sepertinya akan lebih seru jika dilakukan bersama keluarga lain saat akhir pekan di pagi hari maupun sore hari. Jadi selain mendapat keuntungan tubuh kita menjadi sehat, melakukan olahraga tali ini juga bisa digunakan sebagai sarana membangun hubungan bersama keluarga di rumah.

7. Yoga

Walaupun olahraga yoga ini lebih dikenal tidak terlalu melakukan kegiatan fisik yang berat, namun yoga sering menjadi kegiatan olahraga favorit untuk dilakukan di rumah oleh banyak orang.

Mengapa demikian? karena jika dilakukan dengan benar dan berkala manfaat olahraga yoga ternyata cukup menggiurkan jika dijadikan sebagai gaya hidup sehat yang dapat dilakukan di rumah, antara lain adalah dapat membantu membakar lemak, mengurangi permasalahan asma hingga membantu mengatasi masalah sakit di punggung.

Kesimpulan

Jika kita berminat menghadirkan sebuah gaya hidup sehat dalam keseharian, ternyata tidak harus di luar atau bahkan mempersiapkan alat-alat yang mahal. Lakukan secara sederhana yang dimulai dari olahraga di dalam rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "7 Contoh Olahraga Aman Yang Dapat Dilakukan Di Rumah"