Cara Menikmati Akhir Pekan di Rumah

 Mengisi akhir pekan biasanya selalu identik dengan bepergian, jalan-jalan hingga aktivitas liburan ke luar kota. Namun bagaimana jika saat tertentu sedang tidak punya rencana untuk pergi ke luar rumah saat akhir pekan? Ternyata banyak juga kok kegiatan akhir pekan menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah. Apa saja? silakan teruskan membaca artikel ini hingga selesai.

Cara Menikmati Akhir Pekan di Rumah
dirmanian.web.id

Alasan saat akhir pekan saat di rumah saja

Apalagi bagi yang memiliki rutinitas setiap harinya, menjalani akhir pekan dengan cara refreshing di luar rumah biasanya menjadi pilihan. Namun ada saat-saat di mana akhir pekan terkadang membuat kita hanya ingin di rumah saja, seperti misalnya:

  • Ingin menghemat pengeluaran saat akhir bulan
  • Bosan dengan kegiatan atau lokasi tujuan liburan
  • Mengalokasikan waktu khusus untuk berkumpul bersama keluarga
  • Kondisi yang sedang tidak memungkinkan untuk keluar rumah
  • Sedang tidak punya uang
Pernah bertemu dengan kondisi-kondisi seperti tersebut? jika iya.. maka cara menikmati akhir pekan di rumah agar tetap menyenangkan berikut ini bisa menjadi pilihan.

8 Aktivitas di rumah agar akhir pekan tetap menyenangkan

1. Merawat Tanaman

Jangan kemudian berasumsi bahwa aktivitas ini hanya cocok dilakukan oleh orang yang memiliki rumah dengan pekarangan atau halaman belakang yang luas saja, ya. Kegiatan ini juga dapat dilakukan oleh Anda yang memiliki kegemaran bercocok tanam (berkebun) walaupun dalam skala kecil-kecilan.


Merawat Tanaman di Rumah

Misalkan jika rumah Anda hanya memiliki pekarangan depan rumah yang kecil atau sekedar teras rumah saja. Bercocok tanam dapat dilakukan secara sederhana dengan cara menanam tanaman seperti cabai, tomat atau bunga dengan perawatan yang mudah dan sederhana.

2. Membersihkan dan Menata Ulang Dekorasi Rumah

Aktivitas akhir pekan di rumah yang satu ini bahkan bisa dilakukan seharian, walaupun sedikit melelahkan tapi mungkin akan menjadi suatu kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.


Membersihkan dan Menata Ulang Dekorasi Rumah

Contohnya dapat dimulai dengan membersihkan rumah dengan cara menyapu atau mengepel mulai dari depan sampai belakang rumah, membersihkan perabotan rumah dari debu lalu menata ulang dekorasi, mencuci gorden hingga membuat suasana baru di ruang keluarga atau dapur rumah agar memiliki nuansa yang baru dan terlihat lebih fresh.

3. Olahraga

Siapa bilang melakukan olahraga harus keluar rumah? banyak juga aktivitas dan jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, seperti misalnya: senam yoga, lompat tali, olahraga squat, jogging di sekitaran rumah, naik turun tangga dan lain sebagainya.


Olahraga di rumah

Olahraga di rumah yang dilakukan bersama anggota keluarga selain dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan juga dapat menjadikan kondisi tubuh agar tetap sehat dan segar untuk selalu siap melakukan segala rutinitas di kemudian hari.

4. Menikmati hiburan di akhir pekan

Menikmati akhir pekan memang biasanya cocok dilakukan dan identik dengan menghibur hingga memanjakan diri dengan cara melakukan aktivitas selain yang biasa dihadapi di luar akhir pekan.


Menikmati hiburan di akhir pekan di rumah

Apalagi di era teknologi berbasis internet seperti sekarang ini, hiburan menyenangkan di rumah bisa dilakukan dengan beberapa cara dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, seperti:

  1. Memainkan permainan games online gratis yang seru, menghibur serta menyenangkan.
  2. Menonton streaming film, drama atau serial televisi terbaru dengan pilihan genre sesuai dengan kesukaan.

5. Menikmati menu hidangan makanan favorit keluarga

Cara menikmati akhir pekan di rumah yang satu ini akan sangat menyenangkan apalagi saat dilakukan bersama keluarga. Jika kebetulan sedang enggan atau terlalu repot jika harus memasak sendiri, menikmati menu hidangan yang jadi kesukaan keluarga dapat dilakukan dengan cara memesan makanan menggunakan aplikasi pesan makanan online.


Menikmati menu hidangan makanan favorit keluarga

Namun jika kebetulan Anda atau beberapa anggota keuarga lain senang memasak, menikmati menu hidangan kesukaan keluarga dapat dilakukan dengan cara menyiapkan dan membuatnya sendiri di rumah. Apalagi sekarang sudah tersedia banyak tutorial memasak di youtube maupun social media yang lengkap dan mudah untuk dicoba sendiri.

6. Mengundang keluarga lain untuk berkunjung ke rumah

Seru lagi jika pas kebetulan kebagian giliran acara pertemuan keluarga seperti arisan yang lokasinya di rumah Anda. Namun jika tidak, kegiatan ini dapat dilakukan dengan secara sengaja mengundang keluarga terdekat untuk datang ke rumah saat akhir pekan.


Mengundang keluarga lain untuk berkunjung

Yang terpenting adalah terciptanya momen silaturahmi untuk memperkuat hubungan keluarga, jadi acara yang dibuat tidak harus mewah dan wah. Cukup dengan menyediakan hidangan yang sekira layak dan dapat dinikmati bersama.

7. Melakukan perawatan diri di rumah

Banyak cara melakukan perawatan diri yang dapat dilakukan saat menikmati akhir pekan di rumah. Sebagian orang dengan rutinitas yang tinggi bahkan melakukan untuk sebagai bentuk hadiah atau penghargaan terhadap diri sendiri setelah dalam sepekan melakukan kegiatan produktif seperti bekerja, berbisnis dan lain sebagainya.


Melakukan perawatan diri di rumah

Bentuk perawatan terhadap diri sendiri (self care) juga bermacam-macam, seperti misalnya memaksimalkan penggunaan bodycare pekanan dengan menggunakan produk perawatan tubuh kesayangan, membersihkan tubuh secara optimal dan berlama-lama di kamar mandi supaya lebih wangi dan segar atau bahkan menikmatinya dengan memanfaatkan waktu tidur siang secara maksimal yang biasanya tidak dapat dilakukan setiap hari karena kesibukan yang begitu tinggi.

8. Membaca novel kesayangan di rumah

Kegiatan ringan saat akhir pekan di rumah ini juga dapat dilakukan untuk melengkapi aktivitas saat akhir pekan di rumah, misalkan setelah pagi hari berkebun atau merawat tanaman di halaman, siang atau sore harinya bisa dilanjutkan dengan membaca cerita novel kesayangan yang belum selesai.


Membaca novel kesayangan di rumah

Bahkan jika rutinitas keseharian yang anda miliki dengan jenis profesi seperti penulis, jurnalis, narablog, pembuat konten (content creator), editor, musisi, public relation, aktivitas membaca dapat membantu otak agar lebih terlatih untuk bisa tetap fokus, meningkatkan kemampuan konsentrasi hingga mengembangkan keterampilan objektivitas.

Kesimpulan

Banyak tersedia cara unik, menarik dan menyenangkan untuk tetap bisa menikmati akhir pekan walaupun hanya di rumah saja. Bahkan dapat dilakukan tidak hanya sekedar untuk having fun saja, namun bisa juga untuk menambah manfaat bagi diri sendiri atau keluarga terdekat di sekitar kita.

Jadi, apakabar dengan akhir pekan Anda saat ini? semoga tetap menghibur, menyenangkan dan bermanfaat ya.. selamat berakhir pekan, semoga informasi ini dapat berguna dan menjadi referensi untuk mengisi akhir pekan Anda di rumah.

mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Cara Menikmati Akhir Pekan di Rumah"