Tips Memilih Indekos Untuk Mahasiswa

 Karena kuliah itu bukan waktu yang sebentar, paling tidak minimal akan membutuhkan waktu sekira mulai 3 tahunan bahkan lebih. Jadi jangan sampai salah memilih tempat hunian sewa yang akan ditempati selama menjalani pendidikan, apalagi jika tempat kuliah berada di luar kota. Berikut adalah informasi tentang Tips Memilih Indekos Untuk Mahasiswa yang mungkin bisa menjadi manfaat sebagai referensi.

Pastikan Jarak Aman dengan Tempat Kuliah

Walaupun memilih tempat indekos yang dekat dengan kampus terkadang gampang-gampang susah, namun hal ini akan menjadi manfaat yang signifikan saat menempatinya nanti. Antara lain bisa menghemat alokasi biaya untuk transportasi dan lebih aman saat misalnya harus pulang kuliah agak malam.

Tips Memilih Indekos Untuk Mahasiswa
dirmanian.web.id

Paling tidak, walaupun membawa kendaraan dari tempat asal, namun sudah pasti pengeluaran untuk biaya membeli bahan bakar akan terpangkas. Selain itu memilih tempat kos yang dekat dengan kampus biasanya kebutuhan lain juga akan tersedia di sekitar, seperti misalnya:
  • Tempat kuliner
  • Fasilitas publik
  • Tempat membeli kebutuhan lainnya

Sesuaikan Biaya Sewa dengan Kemampuan

Menghuni tempat sewa berupa indekos saat kuliah kalau bisa sekali saja selama kuliah berjalan hingga selesai. Artinya, sebisa mungkin usahakan jangan sampai nantinya pindah-pindah karena faktanya pindah kos itu memang merepotkan. Selain harus membawa barang dari tempat kos lama ke tempat indekos yang baru itu membutuhkan biaya, menempati tempat hunian baru juga butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Lebih menguntungkan lagi jika sudah ada teman atau keluarga yang kebetulan tinggal di dekat tempat kos yang akan ditempati tersebut, jadi bisa minta bantuan untuk mencarikan secara langsung. Jika tidak, saat ini juga sudah banyak tersedia aplikasi sewa kos yang sudah dilengkapi lokasi dan aneka harga sebagai pilihan.

Jika memungkinkan dan beruntung bisa punya teman barengan yang akan kos di lokasi area properti yang sama, maka bisa dicoba dengan mencari tempat hunian untuk kos berupa rumah kontrakan yang nantinya bisa patungan untuk menyewa satu rumah tersebut. Biasanya jatuhnya akan lebih murah dan lebih nyaman.

Periksa Lingkungan Sekitar Kos

Jika tempat kos berada di luar kota, ini memang akan sedikit membutuhkan effort lebih untuk mengetahuinya. Namun jika memiliki saudara atau teman yang saat ini sudah lebih dulu indekos di tempat tersebut, bisa saja akan menjadi lebih mudah dengan bertanya seputar informasi lingkungan sekitar kos kepadanya.

Mengapa ini menjadi penting dilakukan saat memilih tempat indekos? bayangkan saja jika ternyata di tempat kos tersebut lingkungannya kurang kondusif atau tidak sesuai dengan kebiasaan, maka ini akan menjadi polemik dan mengurangi rasa nyaman bahkan tidak betah saat kos di tempat tersebut.

Sebagai tambahan informasi, berikut adalah aplikasi cari kos online yang bisa digunakan saat membutuhkan tempat untuk indekos di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.
  1. Mamikos
  2. Djuragan Kamar
  3. Rukita
  4. Infokost
  5. Papikost
Jangan sampai salah pilih saat akan tinggal di tempat kos yang baru ya? semoga artikel tentang bagaimana Tips Memilih Indekos Untuk Mahasiswa ini bisa bermanfaat.
mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Indekos Untuk Mahasiswa"