Tips Memilih Desain Tampilan Blog

 Karena informasi ini akan berlaku untuk pengguna Blogger/Blogspot dan juga WordPress, maka sebelum melanjutkan Tips Memilih Desain Tampilan Blog, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu tentang nama atau istilah yang biasanya digunakan untuk membedakan sebutan desain blog.

Tips Memilih Desain Tampilan Blog
dirmanian.web.id

Desain untuk tampilan blogger/blogspot biasa dikenal dengan sebutan Template. Sedangkan untuk WordPress lebih sering disebut dengan istilah Theme atau Tema. Jadi jika menemukan atau saat akan mengunduh desain tampilan blog, maka pastikan desain tersebut sesuai untuk platform blog yang digunakan.

Berikut adalah Tips Memilih Desain Tampilan Blog agar lebih dapat menarik pembaca, memiliki kesan personal branding yang professional dan kebutuhan setara lainnya.

Periksa Kecepatan Loading

Ini menjadi tip pertama bahkan utama yang perlu diperhatikan saat kita akan memilih dan menggunakan desain tampilan blog baik itu yang gratisan maupun yang berbayar (premium).
Periksa Kecepatan Loading
dirmanian.web.id

Alasan mengapa loadingnya harus cepat!

Seperti diketahui bahwa kecepatan loading sebuah blog/website menjadi hal penting untuk meningkatkan performa. Bahkan dalam beberapa tahun yang lalu saat Google melakukan perubahan algoritmanya, memastikan bahwa jika sebuah blog tidak bisa tampil secara keseluruhan dalam waktu lebih dari 3 detik, maka resikonya adalah blog/website akan kehilangan pengaksesnya seketika itu juga.

Hal ini juga senada dengan apa yang dirilis oleh situs Cloudflare dalam artikelnya tentang why does site speed matter yang menyampaikan bahwa "Waktu muat halaman yang lama, dan waktu respons yang buruk terhadap tindakan pengguna, menciptakan pengalaman pengguna yang buruk. Menunggu konten dimuat dapat membuat pengguna frustasi dan dapat memancing mereka untuk segera meninggalkan situs tersebut".

Cara memeriksa kecepatan loading

 Lalu bagaimana cara memeriksa kecepatan loading untuk sebuah template/theme desain tampilan blog? caranya cukup mudah karena biasanya sebuah website maupun layanan yang menyediakan desain tampilan blog akan menyediakan demo.

Nah.. demo template atau theme inilah yang dapat digunakan untuk memeriksa seperti apa kecepatan loadingnya. Ada 2 situs layanan periksa kecepatan loading yang seringn digunakan, yaitu:

  1. PageSpeed Insight yang dapat diakses menggunakan alamat: https://pagespeed.web.dev
  2. GTmetrix yang menyediakan layanan periksa kecepatan loadingnya di: https://gtmetrix.com
Contoh: Saya akan menggunakan template blogger dari JetTheme yang menyediakan demo tampilan desainnya di https://jettheme-demo.blogspot.com. Maka Saya akan memeriksa situs demo tersebut menggunakan layanan periksa kecepatan loading seperti yang disebutkan di atas.

Pastikan Selalu Tersedia Update Terbaru

Apalagi jika blog/website yang dikelola ingin selalu tampil maksimal di mesin pencarian dengan algoritma yang selalu berubah. Maka memilih layanan penyedia template/theme untuk blog yang selalu melakukan update akan menjadi sebuah pertimbangan yang sangat penting.

Pastikan Selalu Tersedia Update Terbaru
dirmanian.web.id

Bagaimana cara mengetahui sebuah template/theme selalu diupdate?

Mudah saja, kok. Pembuat/developer biasanya selalu melakukan informasi update pada situs layanan template/theme yang dibuatnya. Mulai dari peningkatan versi sesuai dengan update yang dilakukan seperti misalnya struktur html/php atau script pendukung lain hingga jika ditemukan adanya bugs pada desain tempilan tersebut.

Sesuaikan Desain Tampilan dengan Niche Blog

Tip ini sebenarnya tidak terlalu mutlak, karena faktanya banyak narablog yang memiliki blog dengan niche yang beraneka ragam dalam satu situs webnya. Biasanya jenis tampilan yang banyak dipilih adalah dengan model seperti web majalah ataupun situs berita. Pilihan ini akan lebih memudahkan saat menentukan desain web yang akan digunakan.

Final Words!

Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman yang pernah dijalani, jadi kemungkinan bisa saja berbeda dengan pembaca blog ini sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Namun dapat ditarik kesimpulan bahwa beberapa tips di atas merupakan cara basic yang dapat dilakukan saat mencari informasi tentang Tips Memilih Desain Tampilan Blog secara umum.

Semoga bermanfaat :)

mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

6 komentar untuk "Tips Memilih Desain Tampilan Blog"

Comment Author Avatar
Nah betul Kang.. harus memperhatikan faktor Ui dan UE, termasuk juga kalau boleh saya tambahkan, jangan terlalu banyak iklan di blog krn memperlambat blog dan mengganggu User experience. btw blognya udah wuzz kang, apalagi kalau pake dns cloudflare
Comment Author Avatar
Setuju. Berarti punya saya ini termasuk kebanyakan yah? yaaa... sesuai kebutuhan layanan sama afiliasi aja sih sebenarnya, kang :)

Iya.. pakai cloudflare juga bagus, yah? saya ini biar praktis saja setting dns nya langsung di domain manager yang tersedia gratis di providernya.
Comment Author Avatar
Kalau affiliasi ga masalah sih kang cuma banner, yang berat biasanya yang pake script, apalagi Mgid.. lieur ningali konten katutupan iklan heheh
Comment Author Avatar
Iyaah betul, kang. Apalagi Google Adsense kan sekarang mah ada yang versi otomatis.. beuki lieur ningali iklana dimana-mana wkwkwkw.
Comment Author Avatar
tapi mending GA mah aya sesuai konten, ieu MGID, konten hoting kaluar iklan ma erot hahhaha
Comment Author Avatar
Bwahaha leres, matak lapur kana konten nya? jadi kirang relepan.

Terima kasih atas kunjungan, kontribusi, komentar, support, saran dan kritik membangun untuk konten personal blog dan informasi aset digital marketing yang tersedia di website dirmanian.web.id.