Penyebab Laptop Lemot dan Cara Meningkatkan Kinerjanya

 Tips ini berlaku untuk hampir semua jenis dan tipe laptop. Punya laptop mulai lemot? berikut adalah cara praktis meningkatkan kinerja laptop kesayangan agar tetap awet dan selalu dapat digunakan secara maksimal setiap saat.

Kenali Penyebab Laptop Lemot

Dalam beberapa kasus yang sering ditemui, menurunnya kinerja laptop dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain adalah beberapa faktor di bawah ini:

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Meningkatkan Kinerjanya
penyebab laptop lemot - dirmanian.web.id

1. Laptop Kotor

Saat mengalami laptop menjadi sering lemot, jangan langsung berasumsi karena laptop sudah lama/tua/usang. Belum tentu selalu seperti itu. Bisa saja penyebabnya sederhana, yakni karena laptop tidak pernah dibersihkan sehingga menyebabkan terlalu banyak debu yang masuk.

Mengapa debu atau kotoran lain bisa menyebabkan kinerja laptop menurun?

Salah satu yang menjadi faktor yang biasanya menjadi sebab adalah kipas di dalam laptop tidak dapat berfungsi dengan maksimal karena terhambat/tertahan perputaraanya oleh debu yang masuk kemudian menempel pada kipas laptop.

Ini menyebabkan laptop menjadi cepat panas karena kinerja kipas laptop sudah berkurang. Sepertinya sepele ya? atau bahkan penyebab ini jarang terlintas di pikiran kita. Padahal jika dibiarkan terlalu lama, selain menurunkan kinerjanya, kemasukkan debu juga bisa menjadi faktor penyebab kerusakan yang berarti.

2. Tidak Pernah Update dan Upgrade

Hal ini bisa saja disebabkan karena terlalu asik dan sibuk bekerja menggunakan laptop sehingga kita terkadang lupa untuk melakukan update maupun upgrade baik software maupun hardware di laptop tersebut.

Apa saja yang seharusnya diupdate/upgrade?

Yang pertama kali perlu diperhatikan untuk diupdate adalah semua software yang digunakan sebagai operasional termasuk juga operating system windows maupun linux.

Namun seiring dengan waktu dan kebutuhan, melakukan update software ini juga akan mempengaruhi hardware yang digunakan. Untuk itu, sebaiknya lakukan juga upgrade hardware seperti hardisk dan juga ram agar tetap dapat kompatibel dan mendukung kinerja dari software yang akan terus kita update.

3. Terlalu Banyak Menyimpan File Sampah

Dalam bahasa teknis, file sampai ini disebut dengan istilah cache. File-file ini akan terkumpul dan tersimpan otomatis biasanya dari software yang sering kita gunakan seperti: browser, anti virus, alat desain dan lain-lain.

Cache biasanya akan tersimpan secara berkala pada hardisk yang digunakan. Memang beberapa file cache tidak terlalu besar ukurannya. Namun jika tersimpan secara terus-menerus maka akan berakibat semakin menumpuk dan membuat kapasitas penyimpanan laptop menjadi berkurang.

4. Tersusupi Virus Malware

Penyebab yang satu ini cukup ditakuti oleh kalangan pengguna laptop. Selain dapat menurunkan kinerja laptop sehingga menjadi lemot, malware bahkan dapat membuat perangkat lunak menjadi rusak berat.

Lebih merepotkan lagi jika laptop Anda tergabung dalam sebuah network jaringan di mana pengguna laptop lain juga dapat terimbas dan mengalami hal yang sama dengan laptop yang Anda gunakan.

Selain keempat hal yang dapat menjadi penyebab laptop lemot, sebenarnya masih banyak faktor lain. Namun inilah yang setidaknya pernah dialami oleh dirmanian.web.id saat menemukan kondisi laptop menurun kinerjanya.

Cara Meningkatkan Kinerja Laptop

Apalagi jika punya laptop kesayangan yang sering digunakan. Informasi tentang cara meningkatkan kinerja laptop ini sudah pasti bisa menjadi dewa penolong yang amat sangat dibutuhkan kehadirannya :)

Cara Meningkatkan Kinerja Laptop
cara meningkatkan kinerja laptop - dirmanian.web.id

Berikut merupakan beberapa tips agar laptop bisa kembali memiliki kinerja yang optimal sesuai dengan apa yang menjadi penyebab laptop lemot seperti yang disampaikan sebelumnya.

1. Bersihkan Laptop Secara Berkala

Jangan lupa atau bahkan malas untuk membersihkan laptop. Paling tidak, bersihkan dan tutup kembali laptop setelah selesai dipergunakan.

Jika sempat dan punya banyak waktu untuk bisa selalu membersihkan laptop, gunakan alat pembersih laptop seadanya seperti lap bersih atau kemoceng.

Jika tidak punya, bisa juga mencari alat untuk membersihkan laptop yang biasanya sudah tersedia dalam satu paket lengkap di toko aksesoris laptop terdekat atau mencoba menemukannya di situs marketplace Indonesia.

2. Lakukan Update dan Upgrade Secara Berkala

Jika laptop terhubung dengan koneksi internet, perangkat lunak (software) yang digunakan biasanya akan memberikan notifikasi saat membutuhkan untuk diupdate. Pastikan selalu update jika menerima notifikasi tersebut.

Sementara untuk upgrade perangkat keras (hardware), bisa dilakukan saat memang dibutuhkan. Karena bagaimanapun, semakin tinggi kebutuhan kinerja laptop maka biasanya akan berbanding searah dengan kebutuhan upgrade hardware.

3. Sempatkan Untuk Membersihkan File Sampah

Cara yang termudah untuk membersihkan file sampah di laptop yang tersimpan dari perangkat lunak yang digunakan adalah sebagai berikut:
  • Bersihkan file cache berupa histori cookie dan penjelajahan pada browser yang digunakan. Jika menggunakan Chrome, maka cara tersebut bisa ditemukan dengan membaca artikel tentang bagaimana cara membersihkan cookie dan cache
  • Bersihkan file sampah yang tersedia pada tool bawaan sistem operasi laptop. Jika menggunakan windows, maka dapat dilakukan dengan cara membuka menu: All Programs - Accesories - System Tools - Disk Cleanup
  • Bersihkan file sementara (temporary files) yang tersimpan dengan cara: buka start program - input %temp% pada kolom pencarian - buka folder Temp dan bersihkan semua file yang tersimpan di sana

4. Pasang Anti Virus

Banyak anti virus yang dapat digunakan agar dapat membantu mencegah laptop kita tersusupi oleh malware. Beberapa anti virus terbaik dan populer untuk digunakan saat ini adalah: Avast, Norton, McAfee, Bitdefender dan juga anti virus karya anak bangsa, SmaDav.

Kesimpulan Sederhana

Mungkin karena terlalu panik, terkadang kita berpikir terlalu jauh (overthingking) saat mengalami laptop tiba-tiba menjadi lemot. Nah.. semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan dan menjadi referensi yang dapat segera dilakukan saat kinerja laptop menurun gegara beberapa penyebab seperti yang disampaikan di atas.

Semoga bermanfaat, sayangi laptopmu seperti engkau menyayangi dirimu sendiri! :)

mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

2 komentar untuk "Penyebab Laptop Lemot dan Cara Meningkatkan Kinerjanya"

Comment Author Avatar
Hmmm untuk windows yaa?? Klo buat macbook gimana ya ?? Apalagi di safari, maklum masih awam pake mac os ini, heheh. Btw thanks infonya gan...


Newsartstory
Comment Author Avatar
Hehehe... iya, mas... kalau mac belum pernah soalnya belum pernah punya wkwkw...

Terima kasih atas kunjungan, kontribusi, komentar, support, saran dan kritik membangun untuk konten personal blog dan informasi aset digital marketing yang tersedia di website dirmanian.web.id.