Apa itu Blogwalking? Bagaimana Cara Terbaik Melakukannya?

Apa itu pengertian blogwalking?

Benar! jika anda adalah seorang narablog/blogger maka sudah tentu mengerti tentang apa itu pengertian blogwalking. Bagi yang belum mengerti, blogwalking adalah sebuah kegiatan mengunjungi situs blog milik orang lain yang biasanya dilakukan secara konsisten.

Pengertian dan Sejarah Blogwalking

Jika diartikan sederhana secara bahasa, blogwalking bisa dipisahkan menjadi dua kata, yakni blog dan walking. Blog berarti sebuah situs yang biasanya milik pribadi maupun kelompok, organisasi atau perusahaan dengan isi konten yang selalu diupdate secara berkala.

Sedangkan walking adalah jalan-jalan. Jadi blogwalking bisa saja diartikan secara bahasa menjadi sebuah aktivitas jalan-jalan dan berkunjung atau mampir ke blog yang dikelola oleh orang lain.

Sementara untuk sejarah blogwalking sendiri saya sudah mencoba melakukan pencarian namun tidak kunjung menemukan artikel atau konten yang membahas tentang asal mula blogwalking tersebut. Namun paling tidak, kegiatan blogwalking ini telah dilakukan sejak mulai adanya media blog yang disediakan oleh platform blogspot (sekarang dikenal dengan nama blogger).

Cara Terbaik Melakukan Blogwalking

Cara Terbaik Melakukan Blogwalking

Basicly, cara melakukan blogwalking ini cukup dengan berkunjung ke blog milik seseorang lalu kemudian membaca konten yang tersedia di sana. Hanya saja, setiap kebanyakan situs blog biasanya dilengkapi juga kolom komentar. Maka saat berkunjung sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Kunjungi Blog Yang Sesuai Dengan Niche

Mengapa ini menjadi sebuah hal yang penting dan akan sangat bermanfaat? karena salah satu tujuan melakukan blogwalking biasanya adalah selain untuk menjalin hubungan online bersama narablog lain, juga bertujuan agar kita mendapatkan inspirasi baru untuk membuat atau menulis konten di blog milik kita sendiri.

Jadi akan lucu jika blog Anda semisal berisi konten tentang informasi keuangan namun justeru sering berkunjung ke blog milik orang lain dengan isi konten tentang cara meracik jamu kuat.

Tentu akan lebih terlihat relevan jika Anda berkunjung ke blog yang sering membahas tentang perbankan, ekonomi kreatif, aplikasi e-wallet, teknologi finansial (fintech) dan konten sejenis lainnya.

2. Hindari Terlalu Sering "Menanam" Backlink

Ini masih ada keterkaitan dengan poin pertama dan juga erat hubungannya dengan kebutuhan optimalisasi SEO. Apa itu? jika ingin mengetahui lebih jauh, silakan membaca artikel di blog ini yang membahas tentang Belajar Analisa Kualitas SEO Blog.

Sudah membaca dan sekarang mengetahui tentang apa itu backlink? Naah.. benar bukan? apalagi jika kebetulan blog yang dikunjungi tidak ada relevansi dengan konten yang dipublikasikan di blog milik Anda sendiri, sebaiknya sama sekali untuk tidak menanamkan backlink (tautan balik) saat meninggalkan jejak berupa link di blog yang sedang dikunjungi.

Jika memang ingin memberikan komentar pada blog tersebut, sebaiknya cukup hanya dengan mengisi kolom nama dan alamat email saja.

3. Berikan Komentar Terbaik

Yang dimaksud dengan terbaik di sini adalah berikan komentar yang sesuai dengan pembahasan atau artikel yang disampaikan pada konten blog tersebut. Jika diperlukan, Anda bisa menyampaikan saran atau usulan hingga pertanyaan untuk kebutuhan menambah wawasan.

Dengan seperti itu, pemilik blog (narablog) tentu akan dengan senang hati menerima komentar Anda bahkan menjawabnya sesuai kapasitas pada konten tersebut. Tak jarang sang pemilik blog juga akan berkunjung kembali ke blog kita nantinya.

4. Simpan Alamat Blog

Caranya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol ctrl+d untuk menyimpan alamat blog tersebut. Ini penting! apalagi jika blog yang dikunjungi sesuai dengan niche blog Anda dan sering memberikan ide atau inspirasi baru.

Jika perlu, kelompokkan alamat-alamat blog penting ini dalam sebuah folder bookmark khusus di browser yang digunakan sehingga di waktu yang akan datang Anda bisa mengunjunginya kembali.

Manfaat Melakukan Blogwalking

Manfaat Melakukan Blogwalking

Apakah masih perlu melakukan blogwalking? apa saja sih manfaatnya? banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari blogwalking ini terutama bagi seorang narablog ataupun pengelola website yang di situs tersebut juga tersedia blog. Antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai sarana mudah dan gratis untuk memperluas jaringan
  2. Dapat dijadikan tempat mencari ide membuat konten baru
  3. Menemukan komunitas blog baik untuk menambah ilmu dan peluang monetisasi
  4. Membantu menjadikan kita lebih update untuk segala informasi sesuai dengan kebutuhan topik tertentu

SiGotaka

Jadi.. apakah blogwalking masih perlu dilakukan? jika memperhatikan tentang pengertian, cara serta manfaatnya seperti di bahas di atas tadi sepertinya kok masih perlu, ya?

Namun itu terserah Anda sebagai narablog. Silakan lakukan riset kemudian rasakan apakah ada perkembangan baik sebelum dan sesudah melakukan blogwalking?
mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Apa itu Blogwalking? Bagaimana Cara Terbaik Melakukannya?"