Mencegah Blog Terkena Malware

 Jika narablog sering melihat, mendengar atau bahkan mengalami situs blognya terkena malware maka informasi ini sepertinya merupakan salah satu konten yang perlu disimpan. Awalnya penulis juga mengira bahwa virus malware ini hanya akan menyerang blog bagi pengguna wordpress self hosting saja, tapi ternyata setelah melakukan pencarian di Google, malware ini ditemukan juga bisa juga menginfeksi blog yang menggunakan platform Blogger.

Cara Mencegah Blog Terkena Malware

Apa itu Malware?

Seperti yang dikutip oleh situs Universitas Ahmad Dahlan, secara ilmu pengetahuan umum malware adalah singkatan dari “malicious software”, adalah program komputer yang dibuat dengan tujuan jahat. Malware dirancang untuk merusak, mengubah, atau mencuri data dari komputer atau jaringan. Ada berbagai jenis malware, termasuk virus, worm, Trojan, ransomware, spyware, dan adware.

Dari pengertian secara umum tersebut, maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa malware dari sisi teknis blog adalah sebuah program yang dapat menyusup secara ilegal ke sistem atau konten blog dengan cara menemukan celah tertentu sebagai jalan masuknya.

Apakah Malware Bahaya?

Sudah jelas sangat berbahaya! jika mendengar atau bahkan mengalami saat blog terkena malware, tentu kita akan dibuat pusing dengan situasi tersebut. Namanya juga sebuah program yang berhasil masuk ke sistem atau konten blog, akibat dan bahayanya bisa sangat beragam, beberapa kasusnya adalah seperti di bawah ini:
  • Membuat kecepatan blog menjadi menurun drastis sehingga akan sangat sulit ditampilkan dan membutuhkan waktu loading yang sangat lama saat diakses.
  • Merubah tampilan blog.
  • Dalam beberapa kasus serius, tersusupi malware bahkan dapat menyebabkan beberapa atau bahkan semua data konten terhapus seketika.

Bagaimana Cara Mencegah Malware?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, maka mari kita mencoba membaca tips tentang bagaimana cara agar blog tidak terlalu mudah tersusupi malware yang sangat berbahaya ini dari kedua platform blog populer yakni Blogger dan WordPress.

1. Tips Mencegah Malware Bagi Pengguna Blogger

Sebagai tindakan preventif sebagai langkah awal agar blog yang menggunakan platform blogger tidak mudah terkena virus malware adalah dengan dua cara mudah di bawah ini:

Tips Mencegah Malware Bagi Pengguna Blogger
  1. Pastikan memilih template desain blog yang sekiranya aman setelah diperiksa. Bahkan ada beberapa pemilik blog yang telah berpengalaman sering menyarankan agar memakai template yang bukan bawaan melainkan menggunakan template premium blogger yang jelas siapa developernya, selalu update dan menyediakan sarana kontak untuk dihubungi dengan mudah.
  2. Jika akan menambahkan kode tertentu untuk kebutuhan memaksimalkan user experience, seo atau kebutuhan lainnya, maka pastikan kode berupa script, html atau css tersebut sudah benar-benar dipastikan aman untuk diterapkan. Agar lebih terasa nyaman, lakukan proses backup blogger terlebih dahulu sebelum dilakukan perubahan atau penambahan kode tersebut.

2. Tips Mencegah Malware Bagi Pengguna WordPress

Bagi narablog yang membangun blognya menggunakan platform WordPress dengan cara menyewa jasa layanan webhosting, maka ada beberapa tips bermanfaat yang dapat dilakukan seperti berikut ini:

Tips Mencegah Malware Bagi Pengguna WordPress
  • Pastikan memilih layanan hosting professional yang sudah cukup populer dan sering digunakan oleh orang banyak.
  • Sebelum menjadikan provider hosting sebagai mitra, cobalah konsultasikan terlebih dahulu melalui fasilitas chat online yang biasanya tersedia. Tanyakan apa saja sistem sekuritas yang mereka gunakan untuk mencegah malware hingga apakah disediakan bantuan secara teknis jika blog terkena malware di kemudian hari.
  • Dalam hal memilih theme atau tema desain, pastikan menggunakan theme dari sumber yang jelas.
  • Jika memang sesuai dengan budget dan kebutuhan, narablog dapat menggunakan tema desain premium wordpress sebagai pilihan.
  • Hindari terlalu banyak pakai plugins. Gunakan plugin wordpress sesuai dengan kebutuhan saja dan jangan sesekali menggunakan plugins bajakan atau biasa dikenal dengan istilah nulled.
  • Jangan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi bajakan di laptop/komputer yang digunakan untuk mengelola blog.
  • Selalu lakukan update jika tersedia. Ini biasanya sering lupa atau bahkan diabaikan. Sebisa mungkin langsung update wordpress core, theme maupun plugin begitu tersedia notifikasinya di dashboard wordpress.
  • Gunakan nama user dan kata sandi yang tidak mudah ditebak. Bahkan banyak sekali yang menyarankan untuk kata sandi agar selalu diupdate secara berkala.
  • Periksa selalu dan optimalkan hak akses ke folder yang digunakan di file manager hosting. Ini memang membutuhkan pengetahuan secara teknis, jadi silakan konsultasikan kepada pihak jasa layanan hosting agar diberikan solusi terkait hal ini. Atau narablog bisa membaca artikel informasi tentang pengelolaan file dan folder yang disarankan di situs resmi wordpress.

Bagaimana Jika Blog Sudah Terlanjur Terkena Malware?

Kebanyakan narablog seperti juga yang pernah dialami oleh penulis sendiri biasanya langsung panik ketika mendapatkan kondisi blog telah tersusupi malware. Namun sebenarnya hal tersebut sebisa mungkin harus dapat dihindari karena kita akan melakukan proses yang membutuhkan kondisi emosional yang rileks dan santai serta waktu khusus agar dapat dengan mudah menemukan alur bagaimana cara malware menyusup hingga menemukan solusi bagaimana cara mengatasi malware tersebut.

Jika narablog adalah seseorang yang juga memahami secara teknis, tentu masalah ini akan dapat dengan mudah untuk dihadapi sendiri. Namun jika kebetulan tidak, maka hal-hal berikut ini dapat dilakukan saat menemukan blog sudah terlanjut terkena malware.

1. Tips Mengatasi Malware Bagi Pengguna Blogger

Bagi pengguna Blogger, maka cobalah untuk memeriksa kapan backup template terakhir dilakukan lalu pindahkan seluruh kode html template ke alat editor text yang tersedia di laptop kemudian periksa apakah ada kode atau script tertentu yang sebelumnya atau seharusnya tidak terpasang di sana dan lakukan editorial seperti menghapus kode yang sekiranya menjadi penyebab malware.

Jika merasa kesulitan dan tidak menemukannya, maka cara cepat yang dilakukan adalah dengan mengganti seluruh kode html template dengan kode awal template pertama kali saat digunakan.
Perlu diperhatikan, bahwa tahapan ini kemungkinan akan menyebabkan seluruh settingan tampilan terutama widget akan berubah dan kembali seperti semula.

2. Tips Mengatasi Malware Bagi Pengguna WordPress

Berikut adalah tahapan secara umum bagi pengguna platform WordPress dengan self hosting, cara mengatasi blog yang sudah terlanjur tersusupi malware yang dapat dilakukan adalah:
  • Periksa ketersediaan backup terakhir
  • Nonaktifkan semua plugins
  • login ke webhosting manager (cPanel) kemudian lakukan pemindaian dengan software yang biasanya tersedia seperti misalnya: Imunify360
Jika cara tersebut ternyata masih belum menjadi solusi, maka silakan berkonsultasi dengan petugas pelayanan pelanggan yang sedang online di layanan hosting tersebut untuk mendapatkan bantuan secara teknis.

Kesimpulan

Sebuah blog sangatlah mungkin untuk dapat tersusupi malware sehingga perlu memperhatikan tips dan cara seperti telah diuraikan. Jangan lupa untuk tetap selalu update software maupun tools yang digunakan termasuk perangkat laptop. Hindari menggunakan software, template, tema desain maupun plugin bajakan.

Tetaplah tenang saat blog terkena malware, lakukan tindakan-tindakan yang sekiranya diperlukan. Sependek pengalaman penulis, masalah tersusupi malware ini biasanya sudah pasti ada solusinya, jadi tidak perlu langsung panik. Semoga bermanfaat.
mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Mencegah Blog Terkena Malware"