Bagaimana Cara Mudah Backup Blogger?

 Dalam bahasa Indonesia, backup dikenal dengan istilah pencadangan atau mencadangkan. Yaitu sebuah proses yang dilakukan secara berkala untuk menyimpan semua konten blog agar jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kita masih punya file cadangan untuk memulihkannya kembali.

Bagaimana Cara Mudah Backup Blogger

Mengapa Backup Perlu Dilakukan?

Sebuah blog yang dijalankan dengan tenaga hosting yang sudah memiliki teknologi penyimpanan cadangan otomatis dan periodik saja sebaiknya kita sebagai pemilik blog masih perlu melakukan backup mandiri.

Apalagi jika blog kita menggunakan platform blog yang hingga saat ini belum menyediakan fitur maupun fasilitas khusus untuk backup secara otomatis. Maka kita sendirilah yang harus aktif melakukan proses pencadangan tersebut.

Apa Saya Yang Perlu Dibackup?

Ada dua hal utama yang perlu backup jika memiliki blog menggunakan platform blogger. Apa sajakah itu? berikut adalah kedua hal tersebut lengkap dengan cara mudah untuk melakukan backupnya.

1. Backup Konten

Melakukan pencadangan (backup) konten kita jadikan poin pertama. Mengapa demikian? karena konten bagi seorang blogger bisa dibilang sebuah harta digital yang sangat penting. Coba saja bayangkan, kita sudah menulis di blog dalam kurun waktu yang cukup lama, namun tiba-tiba harus kehilangan semua konten tersebut karena suatu hal.

Pernah merasakannya? penulis sendiri pernah merasakan hal tersebut! rasanya seperti kehilangan sesuatu yang amat sangat berharga. Belum lagi jika konten tersebut merupakan sebuah pengalaman berharga dan bermanfaat bagi orang lain atau merupakan konten sponsor di mana kita dibayar untuk memublikasikannya.

Cara Mudah Backup Konten di Platform Blogger

Lalu bagaimana cara mencadangkan semua konten yang sudah kita publikasikan di blog dengan menggunakan platform blogger?
  1. Login ke Dashboard Blogger.com
  2. Pilih Menu Settings yang berada di sebelah kiri hampir ke bagian bawah
  3. Pilih Menu Manage Blog


  4. Pilih Menu Back up content
  5. Tekan Tombol Download


  6. Setelah file backup selesai diunduh (download), maka file tersebut akan tersimpan di perangkat kita dengan ekstensi file .xml
  7. Selesai

2. Backup Template

Mengapa mencadangkan file template ditempatkan di bagian selanjutnya? karena data yang paling penting adalah konten. Tampilan desain blog bisa kita sesuaikan kembali sekalipun menggunakan template yang baru.

Cara Mudah Backup File Template di Blogger

  1. Pastikan masih login di dalam Dashboard Blogger.com
  2. Pilih menu Theme yang tepat berada di menu Settings tadi
  3. Tekan tombol tanda panah di sebelah kanan menu Customise
  4. Pilih menu Backup


  5. Tekan tombol Download sama seperti pada cara backup konten kemudian simpan file yang telah diunduh
  6. Selesai

Cara Menyimpan File Backup

Jika memang masih merasa khawatir jika file backup tadi kurang aman disimpan di perangkat komputer atau laptop. Maka cara terbaik untuk menyimpan file backup adalah dengan memanfaatkan Google Drive. Silakan upload kedua file backup tadi ke akun Gdrive yang Anda miliki.

Kapan Sebaiknya Backup Dilakukan?

Sebaiknya secara berkala, terserah waktunya menyesuaikan dari kesempatan dan faktor pertimbangan lainnya. Bisa saja dilakukan sepekan sekali atau setiap bulan. Perhatikan juga volume membuat konten, jika setiap hari sering memublikasikan konten sebanyak lebih dari 5 konten, maka sebaiknya lakukan backup sesering mungkin.

SiGotaka

Sebenarnya melakukan backup terutama untuk blog yang ditenagai oleh blogger.com itu cukuk mudah bukan? kita hanya perlu sering mengingat dan menjadwalkan secara berkala agar tak mudah kehilangan data berupa konten postingan, halaman, komentar hingga setingan template desain blog yang digunakan.

Manfaatnya juga banyak, salah satunya konten tetap tersimpan dan terdokumentasikan dengan aman, selain itu juga akan diperlukan ketika suatu saat blog akan berganti platform.
mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mudah Backup Blogger?"