Cara Memulai Bisnis Agen Tour Wisata Menggunakan Website

 Setiap wilayah di Indonesia sudah pasti memiliki lokasi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Paling tidak, kemungkinan adanya potensi tempat wisata mestinya dimiliki oleh berbagai daerah. Apakah ini termasuk di kota tempat Anda tinggal?

Jika jawabannya adalah IYA, maka tidak ada salahnya kondisi ini dijadikan sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan salah satunya dengan cara memulai bisnis agen tour wisata secara online menggunakan website.

Cara Memulai Bisnis Agen Tour Wisata Menggunakan Website

Persiapan Sebelum Membuat Website Wisata

Sebelum mulai membuat website jasa agen tour wisata, ada baiknya jika mempersiapkan hal-hal pendukung yang akan dijadikan sebagai konten nantinya. Apa saja yang perlu dipersiapkan? berikut adalah informasinya untuk Anda yang ingin segera membangun sebuah website tour dan wisata online.

1. Kenali Potensi Wisata

Tak ada salahnya jika mulai menentukan jadwal untuk berjalan-jalan sendiri atau bersama keluarga sembari mengenali potensi apa saja yang sekiranya dapat dijadikan peluang bisnis di daerah tempat tinggal.

Gunakan waktu senggang Anda sebaik mungkin dan siapkan segala keperluan untuk berkeliling ke destinasi wisata yang ada di kota Anda. Cobalah berkunjung ke tempat wisata terdekat dengan tempat tinggal terlebih dahulu.

2. Pelajari Secara Detail Tentang Industri Wisata

Sebisa mungkin sesuaikan dengan potensi destinasi wisata di tempat Anda. Semisal dengan mempelajari industri wisata terbaru secara umum hingga yang sedang tren di Indonesia saat ini termasuk jenis wisata apa, tempatnya di mana dan apa saja yang menjadi sebab wisatawan tertarik untuk berkunjung.

3. Temukan dan Manfaatkan Potensi Pendukung

Bicara tentang rencana memulai bisnis menjadi agen tour wisata online, selain menemukan lokasi wisata yang nantinya akan ditawarkan melalui website, tak ada salahnya jika mencoba menemukan potensi pendukung lainnya seperti tempat menginap dan rental kendaraan. Bangun relasi yang baik bersama mereka.

Jika tersedia, potensi pendukung ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan membuat paket wisata khusus untuk lebih menjadikan daya tarik lebih atau biasa yang kita kenal dengan istilah unique selling point pada website tour wisata online.

4. Gali Informasi Tentang Legalitas Usaha

Sumber informasi tentang legalitas usaha untuk produk jasa tour dan wisata ini bisa saja didapatkan dari keluarga atau kolega yang saat ini sudah menekuni bisnis tersebut. Atau bisa saja mencari informasi lengkap dari lembaga maupun perangkat kemasyarakatan terdekat.

Akan lebih baik jika sebelum memulai bisnis sebagai agen tour dan wisata yang selanjutnya akan dipasarkan secara online melalui website, Anda melengkapi terlebih dahulu dengan legalitas. Minimal milikilah Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai legalitas yang berlaku untuk pemiik usaha dengan cara mendaftar gratis melalui lembaga OSS.

Cara Membuat Website Agen Tour Wisata

Jika persiapan sebelum memulai memiliki website wisata tersebut sudah dilakukan, maka saatnya membuat website untuk publikasi produk jasa tour dan wisata. Bagaimana cara mudahnya? berikut adalah tahapan untuk membuat website tour wisata menggunakan platform terbaik sejuta umat, yakni WordPress.

1. Daftarkan Nama Website

Nama website disebut juga dengan istilah Domain, yakni sebuah alamat digital yang digunakan untuk mengakses segala konten dan informasi yang ditampilkan di situs website layanan tour wisata milik Anda.

Untuk kebutuhan branding, pastikan nama website nantinya sudah sesuai dengan nama usaha yang terdaftar di NIB (Nomor Induk Berusaha) yang telah Anda miliki sebelumnya.

Semisal branding untuk bisnisnya adalah tour wisata tuan nyonya, maka akan lebih menerap jika nama website (domain) didaftarkan dengan wisatatuan dot com atau wisatanyonya dot com atau dengan menyatukan keduanya menjadi nama website wisatatuannyonya.com.

2. Gunakan WordPress Untuk Membangun Website Wisata

Mengapa menggunakan WordPress sebagai platform untuk membangun website? selain sudah cukup populer sebagai alat untuk membangun website, WordPress memiliki banyak kemudahan saat Anda nanti mengelolanya.

Cara installnya juga cukup mudah dan cepat seperti beberapa tahapan berikut ini:
  • Kunjungi website penyedia layanan web hosting seperti DomaiNesia untuk memilih dan menyewa paket hosting sesuai dengan kebutuhan.
  • Install WordPress. Jika belum familiar, silakan meminta bantuan petugas pelayanan pelanggan yang sedang online atau dapat langsung memilih paket hosting khusus untuk WordPress sehingga pada saat aktif sudah otomatis terinstall WordPress di dalamnya
DomaiNesia

3. Lanjutkan dengan Membangun Website

Setelah kedua tahapan di atas selesai, maka langkah selanjutnya adalah membuat website dengan tampilan dan fitur serta sistem yang memang mendukung untuk kebutuhan website jasa agen tour dan wisata online.

Bagaimana cara mendapatkan desain tampilan WordPress untuk website wisata? mudah saja! salah satunya adalah dengan cara membeli tema desain yang disediakan oleh developer Indonesia dengan nama template Wizata Theme.

WordPress theme seharga Rp. 350.000 ini dapat digunakan untuk membangun sebuah website instan yang menyediakan informasi seputar destinasi layanan tour, travel dan wisata dengan memiliki fitur terbaik seperti di bawah ini:
  • Halaman informasi tour yang menyediakan paket, foto, video dan kebutuhan konten wisata lainnya
  • Fasilitas multi harga yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan jika terdapat perbedaan harga dalam satu paket wisata
  • Tersedia fitur pembayaran langsung yang dapat memudahkan calon pelanggan jasa wisata Anda melalui website
  • Ada fasilitas rental kendaraan yang akan semakin melengkapi kebutuhan wisatawan yang memanfaatkan website Anda untuk kebutuhan tour dan wisata
Wizata 728x90

Penutup

Informasi pada konten yang memuat informasi tentang cara memulai bisnis agen tour wisata menggunakan website ini telah dilengkapi dengan sarana mewujudkan website menggunakan gambar yang terdapat pada setiap paragraf relevan dengan tutorial.

Silakan membaca ulang jika kemungkinan terlewat untuk menemukan informasi tentang di mana mendaftarkan domain dan web hosting yang kemudian dilengkapi dengan instalasi WordPress hingga informasi yang memuat tentang tampilan desain website wisata instan.
mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Agen Tour Wisata Menggunakan Website"