Belajar Analisa Kualitas SEO Blog

 Belajar Analisa Kualitas SEO Blog -- Faktanya, ilmu SEO memang seperti tak pernah ada habisnya. Hal ini terjadi karena mesin penelusuran onlline selalu melakukan pembaharuan sistem dan kaidah yang digunakan untuk menampilkan situs, website maupun blog yang lebih dapat mempersembahkan informasi yang menarik, relevan dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan minat pencariya.

Belajar Analisa Kualitas SEO Blog
dirmanian.web.id

Analisa Kualitas SEO Basic

Namun paling tidak, ada kaidah-kaidah basic yang perlu diperhatikan untuk kemudian diterapkan saat membuat sebuah website maupun blog. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Kata Kunci Umum

Ini adalah sekumpulan kata kunci (keywords), dalam penerapannya dalam konten, biasanya lebih familiar dengan istilah niche. Yakni kata-kata khusus yang memang sering digunakan dalam konten sesuai dengan topik website/blog yang dibuat.

Contohnya kita memiliki sebuah blog dengan niche teknologi, maka seharusnya kata kunci yang sering ditemukan adalah turunan dari topik tersebut, misalkan saja pembahasan tentang artificial intelligence, informasi update terbaru smartphone, aset digital marketing dan kata kunci lain yang erat kaitanya dengan pembahasan konten seputar industri teknologi.

Judul Halaman Utama

Pastikan memiliki judul yang menggoda pembaca sehingga tertarik untuk segera mengakses ada apa saja informasi di dalamnya secara keseluruhan saat website/blog ditemukan di mesin pencarian.

Agar judul halaman utama dapat ditampilkan secara utuh, maka perlu diperhatikan untuk penulisan judul sebaiknya tidak kurang dari 40 karakter dan tidak lebih dari 60 karakter.

Meta Deskripsi

Adalah sebuah penerapan keterangan singkat namun mewakili yang disampaikan untuk halaman utama dan struktur konten lainnya, seperti: postingan, halaman pendukung, kategori/label dan lain sebagainya.

Saat ini, saran yang digunakan untuk penuisan deskripsi adalah dengan jumlah 140 hingga 160 karakter. Jadi usahakan jangan sampai kurang atau bahkan berlebihan.

Penerapan Heading

Struktur heading pada sebuah website/blog ini sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan. Hanya saja terkadang karena asik menulis konten, kita bisa saja lupa untuk menerapkan heading pada artikel yang akan dipublikasikan.

Dalam kaidah SEO, heading dikenal dengan beberapa tingkatan, yakni mulai dari heading 1 (h-1) sampai heading 6 (h-6). Pembahasan terkait apa itu heading, mengapa perlu menggunakan dan apa saja manfaat serta bagaimana cara menerapkan struktur heading dapat dibaca melalui artikel tentang apa yang perlu kita ketahui tentang heading dalam SEO oleh situs Conductor.

Atribut dan Judul Gambar

Pada kaidah SEO beberapa tahun yang lalu, sebuah gambar harus ditampilkan lengkap mulai dari alt text hingga title text. Hal ini lebih disarankan agar sebuah gambar juga dapat mendukung optimasi di mesin pencarian agar konten yang kita publikasikan dapat muncul dan ditampilkan di halaman pemuatan gambar.

Namun saat ini sudah tidak seperti itu, memang tetap disarankan.. namun untuk nilai yang lebih berimbas kepada hasil pencarian adalah cukup dengan gambar yang sudah memiliki meta alt text walaupun tanpa judul atau deskripsi gambar.

Rasio Link

Dikenal juga dengan istilah backlink. Ada dua jenis backlink, yakni internal (tautan yang dibuat dan diarahkan kedalam konten yang sudah ada di web/blog) dan eksternal link (tautan yang dibuat dan ditujukan ke website luar sebagai referensi atau informasi detail lanjutan).

Untuk internal backlink, sebaiknya dibuat sesuai dengan isi konten yang dipublikasikan sehingga masih ada keterkaitan atau relevansinya.

Tautan eksternal banyak disinyalir memiliki dampak yang lebih besar pada peringkat mesin pencari dibandingkan tautan internal karena link tersebut dinilai oleh mesin pencari sebagai bentuk sinyal kepercayaan atau popularitas eksternal pada suatu halaman web/blog.

Analisa Kualitas SEO Tingkat Lanjut

Ada beberapa kaidah yang perlu didapatkan nilai baiknya saat menganalisa SEO blog dan website agar mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari, antara lain adalah seperti di bawah ini:
  • Skema Data Meta
  • Meta Tags Opengraph
  • Optimasi kelayakan tampilan pada layar perangkat desktop dan smartphone
  • Optimalisasi file robots.txt

Cara Analisa Kualitas SEO Blog

Lalu bagaimana caranya mengetahui kalau blog atau website kita sudah sesuai dengan kaidah seo basic maupun tingkat lanjut seperti yang di uraikan pada artikel ini?
Mudah. Cukup dengan memanfaatkan tool (alat online) yang sudah banyak tersedia saat ini, kita bisa melakukan analisa kualitas seo blog secara terus menerus. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan analisa seo gratis yang disediakan oleh situs RankMath. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
  1. Buka situs rankmath.com atau klik di sini
  2. Pilih Menu: Tools - SEO Analyzer
  3. Masukkan alamat blog/website
  4. Tekan Tombol: ANALYZE
Sebagai pelengkap, berikut di bawah ini adalah hasil tes analisa kualitas seo untuk blog dirmanian.web.id.

Hasil Belajar Analisa Kualitas SEO Blog
dirmanian.web.id
Silakan dicoba, semoga bisa menjadi manfaat serta mendukung fasilitas untuk Belajar Analisa Kualitas SEO Blog maupun website Anda.
mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

4 komentar untuk "Belajar Analisa Kualitas SEO Blog"

Comment Author Avatar
Saya udah lupa seputar SEO, tapi Insya Allah semua diaplikasikan. Yang lebih utama lagi Content is King
Comment Author Avatar
Iya, kang. Saya juga masih belajar-belajar.. ya salah satunya dengan menikmati penerapan kaidah SEO di blog kang Ismet hehehe
Comment Author Avatar
kalau dulu lagi banyak pengunjung dan sering update, dalam beberapa menit langsung page one. sekarang paling hitungan hari hehe makanya dicoba update rutin
Comment Author Avatar
Iya.. tapi saya pernah beberapa waktu kebelakang masih punya blog pakai wp, cepat indexingnya, bahkan dalam hitungan beberapa menit sudah terindex.

Terima kasih atas kunjungan, kontribusi, komentar, support, saran dan kritik membangun untuk konten personal blog dan informasi aset digital marketing yang tersedia di website dirmanian.web.id.