Persiapan Gaya Hidup Sehat di Usia 40 Tahun

 Walaupun sebagian orang memang masih bisa melakukan kegiatan produktif, namun faktanya saat memasuki usia 40 tahun ini memang sudah dapat dikatakan tak lagi muda. Peralihan usia dari muda menjelang usia tua ini dikenal juga dengan sebutan paruh baya atau kuhulah. Agar tetap hidup nyaman saat mulai memasuki usia 40 tahun, berikut adalah beberapa Persiapan Gaya Hidup Sehat di Usia 40 Tahun yang dapat dilakukan dalam keseharian.

Persiapan Gaya Hidup Sehat di Usia 40 Tahun
dirmanian.web.id

1. Jadwalkan Periksa Kesehatan

Ini sangat penting, untuk itu kami coba sampaikan pada bagian pertama sebelum yang lainnya. Jika di usia kerja/produktif lainnya sebelum menginjak usia 40 tahun tidak pernah sempat atau belum menjadi bagian dari rutinitas, maka usahakan sekarang menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Paling tidak, lakukan pemeriksaan (medical checkup) minimal 3 sampai dengan 6 bulan sekali.

Beberapa referensi bahkan menyarankan melakukan pemeriksaan kesehatan secara lengkap dan menyeluruh. Bisa dicoba dengan memilih medical checkup seperti yang dilansir oleh situs primecare clinic melalui link: https://primecareclinic.co.id/program/pentingnya-medical-check-up-rutin-di-usia-40-tahun-ke-atas/, yakni:

  • Pemeriksaan fisik dan darah lengkap
  • Pemeriksan profil lemak
  • Pemeriksaan EKG jantung
  • Pemeriksaan gula darah
  • Pemeriksaan fungsi ginjal
  • Pemeriksaan fungsi liver

2. Mulai Perhatikan Konsumsi Makanan Sehat

Setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan, maka langkah yang relefan sebagai Persiapan Gaya Hidup Sehat di Usia 40 Tahun selanjutnya adalah dengan cara mulai memperhatikan asupan serta konsumsi makanan sehat setiap hari.

Katakan saja kita mendapatkan hasil bahwa ternyata kadar gula darah kita sudah memasuki ambang batas normal secara medis. Maka langkah lanjutan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi. Demikian juga dengan hasil periksa kesehatan yang lain, silakan konsultasi dengan tenaga ahli medis untuk mendapatkan informasi yang sesuai.

3. Olahraga Secara Rutin

Sebagai awal, lakukan dengan waktu yang tidak terlalu sering terlebih dahulu, karena rutin di sini yang paling penting adalah memiliki waktu yang tetap saat melakukan olahraga. Seperti misalnya bisa diawali dengan setiap akhir pekan dengan melakukan olahraga yang jalan ringan dan santai.

Kemudian dapat ditingkatkan sesuai dengan kemampuan fisik dan juga kenyamanan tubuh atau bahkan mengacu kepada target tertentu. Beberapa sumber menyebutkan bahwa renang dan bersepeda merupakan olahraga yang cocok untuk usia 40 tahun ke atas.

4. Perbanyak Silaturahmi

Caranya gampang dan pilihannya banyak sekali. Misalkan saja dengan berkunjung ke sanak saudara yang kebetulan jaraknya di luar kota dan jarang sekali untuk dikunjungi atau bahkan hampir tidak pernah berkunjung karena kesibukan rutinitas.

Ini bisa direncanakan juga sembari liburan dan menikmati wisata yang kebetulan ada di tempat keluarga tersebut. Selain bisa membantu meningkatkan gaya hidup sehat secara pesikis, memperbanyak silaturahmi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak agar tidak mudah pikun saat mulai memasuki usia senja.

Itulah 4 cara yang dapat dilakukan sebagai Persiapan Gaya Hidup Sehat di Usia 40 Tahun. Mungkin masih banyak cara lain yang Anda ketahui atau bahkan sudah dilakukan saat ini. Silakan menambahkannya pada kolom komentar yang telah tersedia. Terima kasih.

mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Persiapan Gaya Hidup Sehat di Usia 40 Tahun"