Cara Mudah Mengelola Banyak Email Dalam 1 Akun

InsyaAllah, informasi berupa tutorial di artikel ini akan sangat bermanfaat serta memudahkan Anda yang memiliki profesi baik itu seorang blogger, influencer, pembuat konten hingga pebisnis atau pemilik bisnis.

Mengapa Memiliki Banyak Email?

Karena dirmanian.web.id adalah seorang blogger/narablog maka mari kita mulai pembahasan tentang bagaimana Cara Mudah Mengelola Banyak Email Dalam 1 Akun dari sisi seorang blogger terlebih dahulu ya.

Cara Mudah Mengelola Banyak Email Dalam 1 Akun
dirmanian.web.id

Seorang narablog biasanya akan memiliki lebih dari satu blog. Kebutuhannya bermacam-macam, salah satunya adalah untuk keperluan memisahkan antara blog yang satu dengan blog yang lain dalam hal menulis konten dengan topik niche blog sesuai dengan yang diinginkannya.

Kondisi ini juga akan berlaku jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang kemudian membangun sebuah website profil bisnis maupun toko online dengan alamat situs yang berbeda-beda dan lebih dari satu sesuai dengan produk maupun branding yang akan dilakukan.

Nah, faktanya Anda biasanya akan memiliki banyak alamat email untuk kebutuhan tersebut. Lalu bagaimana cara mengelolanya agar menjadi lebih mudah?

Cara Mengelola Banyak Email

Tidak ada yang salah dan sah-sah saja memisahkan alamat email untuk kebutuhan beberapa aset online berupa profil bisnis. Namun tak terbayangkan ribetnya jika Anda harus memeriksa, hingga membalas email yang masuk dengan cara login satu-persatu ke semua alamat email yang Anda punya. Tidak simpel dan terlalu memakan waktu!

Untuk meminimalisir keruwetan tersebut, berikut adalah cara mudah mengelola banyak email cukup hanya dari 1 akun email saja:

1. Gunakan akun Gmail

Bukan berarti akun email lain tidak baik ya, namun sependek pengalaman akun email dari Google Mail (Gmail) ini cukup mendukung kebutuhan seting dan integrasi yang nanti akan dilakukan saat mengelola banyak email dalam satu akun.

2. Tentukan akun email yang akan digunakan sebagai master akun

Master akun di sini maksudnya adalah sebuah akun utama di mana Anda akan cukup melihat, memeriksa hingga membalas email masuk dari semua alamat email yang sekarang Anda miliki. Bisa saja menggunakan alamat email pribadi yang saat ini sudah ada ataupun membuat akun baru, silakan memilih mana yang sekiranya lebih baik dan nyaman untuk kebutuhan Anda.

Cara Kelola Banyak Email di 1 akun Gmail Saja

Jika kedua opsi di atas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan seting untuk kebutuhan integrasi pengelolaan. Cukup mudah kok. Oh iya.. anggap saja akun master akan dinamakan dengan master-email@gmail.com dan banyak-email@gmail.com sebagai akun-akun yang akan dikelola dalam akun master tersebut, ya. Berikut adalah cara setiingnya:

1. Gunakan Fitur Forward

  • Login ke akun banyak-email, kemudian pilih tab settings - see all settings - Forwarding and POP/IMAP
  • Pilih Forward a copy of incoming mail to
  • Kemudian tentukan kolom di bawahnya dengan menggunakan pilihan Archive Gmail's Copy
  • Tekan tombol Add a forwarding address dan masukkan alamat email tujuan seperti contoh di atas misalnya menggunakan master-email@gmail.com
  • Ikuti petunjuk selanjutnya yang biasanya Anda akan dikirimkan notifikasi bahwa email masuk akan diteruskan ke alamat email tujuan yang baru
  • Setelah ini berhasil, silakan lakukan cara yang sama untuk alamat email lainnya
Gunakan-Fitur-Forwarding-Email

2. Buat Labels untuk memfilter alamat email yang masuk

  • Login ke akun master-email kemudian pilih tab settings - see all settings - Labels
  • Buatlah Labels menggunakan tombol create new label dengan nama yang sesuai agar Anda dapat lebih mudah mengenali ada email masuk dari alamat akun email yang mana
Buat Labels untuk memfilter alamat email yang masuk

3. Kelompokkan Email Masuk Sesuai Labels

  • Login ke akun master-email kemudian pilih tab settings - see all settings - Filters and Blocked Addessess
  • Buat filter email yang akan dimasukkan ke labels, contohnya jika email masuk untuk banyak-email@gmail.com maka masukkan langsung ke label banyak email dengan opsi: Skip Inbox, Apply label "banyak-email", Never send it to Spam, Mark it as important
  • Dengan cara ini, maka email yang masuk akan langsung dikelompokkan pada label yang telah dibuat tadi

4. Buat akun untuk mengirim email

Agar tidak perlu login ke email lain saat akan membalas email, maka buatlah akun email sesuai dengan alamat email yang akan digunakan sebagai akun untuk membalas email dengan cara:
  • Login ke akun master-email kemudian pilih tab settings - see all settings - Accounts and Import
  • Tekan tombol Add another email address
  • Anda akan diarahkan ke jendela baru yang memuat informasi akun email yang akan digunakan, lengkapi formulir tersebut dengan lengkap dan benar kemudian ikuti petunjuk selanjutnya yang akan tersedia pada formulir tersebut
Jika keempat tahapan terakhir seperti disampaikan di atas ini berhasil maka Anda sekarang sudah dapat mengelola banyak email dalam 1 akun saja. Artinya, Anda sekarang tidak perlu login ke banyak akun email untuk memeriksa bahkan hingga membalas email yang masuk cukup hanya menggunkan 1 alamat akun email saja.

Menarik, bukan? selamat mencoba.. jika ada kekurangan di artikel tutorial Cara Mudah Mengelola Banyak Email Dalam 1 Akun ini mohon dimaklumi, silakan sampaikan melalui kolom komentar jika ada tahapan yang belum dimengerti atau belum berhasil dilakukan.
mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

31 komentar untuk "Cara Mudah Mengelola Banyak Email Dalam 1 Akun"

Comment Author Avatar
Wahh klo ku malah banyak email banyak akun juga, hehhe. Email buat medsos dan blogger beda beda. Tapi kadang lupa sandinya apa, hehhe


Newsartstory
Comment Author Avatar
Waaah terus gimana itu kalau sampai lupa sandinya? hehehe
Comment Author Avatar
informasi yang menarik kak, sepertinya harus dibaca ulang artikelnya sambil saya praktekkan, karena saya juga punya banyak email
Comment Author Avatar
Iya, kak... silakan dicoba ya.. semoga bermanfaat.
Comment Author Avatar
Wow, ini tips yang super membantu banget! Gak perlu lagi ribet login sana sini. Makasih banget udah share cara gampang ini, bener-bener nyelamatin waktu!
Comment Author Avatar
Sama-sama, mas.. senang jika ternyata bisa bermanfaat :)
Comment Author Avatar
Buat pegiat dunia online, punya banyak email itu penting sih. Misalnya buat keperluan laporan pekerjaan yang harus beda email tapi dibolehkan mengerjakan job yang sama. Sah-sah saja.
Comment Author Avatar
Naah benar juga ini, sering seperti itu yah, kak? :D
Comment Author Avatar
Yeay! Boleh banget nih dipraktikkan cara mengelola bayak e-mail pakai 1 akun aja biar gak ribet 👍👍
Comment Author Avatar
Aku sering pake IMAP sampe sekarang meski blog-nya cuma satu. Yang banyak E-mailnya malah, karena untuk keperluan yang berbeda dan cara ini ternayata juga bisa diterapin untuk pemilik blog yang lebih dari satu. :D
Comment Author Avatar
Waaah malahan belum pernah coba nih pakai IMAP kak, nanti cobain aaah ^^
Comment Author Avatar
Kebetulan nih sekarang memory email sekitar 150 Gb rasanya sedikit kan ya. Daripada beli yg berbayar, mending bikin akun banyak. Lumayan sepuluh akun kan punya memori sekitar 1,5 TB
Nah buat ngaturnya bisa pakai cara dari tutorial disini ya...
Terimakasih nih ilmunya
Comment Author Avatar
Naah masuk akal juga ini, atau bisa saja yang dibelikan akun workspace premium cukup 1 akun, yang lain tidak karena kan emailnya hanya lewat saja ya? bisa di seting langsung hapus email lagi, jadi kan makin hemat :)
Comment Author Avatar
Aku baru tahu soal ini. Punya banyak e-mail ya semua login sendiri-sendiri. Kalau orang sibuk, cocok banget sih pakai ini. Jadi buka satu udah kelihatan semua deh. Kapan-kapan dicoba
Comment Author Avatar
Yups.. dan InsyaAllaah enggak akan ketinggalan baca email juga kak, soalnya kan notifikasinya langsung di email utama jadi kalau ada email penting masuk tinggal langsung eksekusi :)
Comment Author Avatar
Untuk yang punya bisnis pengelolaan banyak email seperti ini pasti bermanfaat ya. Apalagi kebutuhan penggunaan buat kirim file yang besar, bakalan terbantu dengan banyak email
Comment Author Avatar
Naaah kalau sekarang iya benar, buat kebutuhan bisnis, dulu aku tahunya modelan kayak gini karena banyak gebetan wkwkwk
Comment Author Avatar
Wah terima kasih udah sharing, Kak Dirman. Bermanfaat sekali informasinya. Gmail ternyata bisa pakai cara ini ya. Makasi udah berbagi ilmu.
Comment Author Avatar
Iya bisa kak, silaken dicobain mumpung fiturnya masih geratizzzzzz :D
Comment Author Avatar
Tujuan banyak email buatku juga buat meluaskan penyimpanan cloud-nya.
Kemarin akun email utama uda hampir penuh. Padahal kalau cuma untuk kepentingan penyimpanan gambar di blogger aja.. rasanya gak akan sampai cepet abis banget. Aku baru 8 tahun ini, hehhee.. 8 tahun tuh uda ga baru kali yaa..
Comment Author Avatar
Waduuuuwww.. 8 tahunan mah lama atuh, kak :D
Comment Author Avatar
Oh gitu toh rupanya. Selama ini saya kalau ngecek ya masuk ke akun masing-masing. Makasih tipsnya ya, nanti mau tek praktekka .
Comment Author Avatar
Pas banget ada informasi spt ini. Aku selalu bingung kelola Gmail-ku. Krn aku pny 5 akun Gmail baik utk pribadi, kerjaan, hingga urusan remeh temeh lainnya. Jd dgn satu akun gini, ga prlu lagi tuh buat buka email satu2 akun. Dgn cara ini, lgsg bs baca email di satu akun.
Comment Author Avatar
Benar, kak.. bukan cuma baca tapi bisa balas email juga dari 1 akun untuk semua email hehe
Comment Author Avatar
Wah, kemana saja aku
Baru tahu klo satu akun bisa digunakan untuk mengelola banyak email
Comment Author Avatar
Ayoo kak, dicobain.. jadinya kan lebih praktis dan hemat waktu yah? :)
Comment Author Avatar
Saya sendiri punya beberapa email dalam satu akun. Palingan tinggal switch2 aja kalau mau buka email lainnya.
Comment Author Avatar
Menarik untuk dicoba nih tutorialnya secara saya juga punya beberapa akun untuk tujuan yang berbeda-beda. Ada yang untuk blog, portofolio, keluarga (ini untuk keperluan sekolah kiddos)
Comment Author Avatar
aya satu email, satu akun. Cara kelolanya ya memang manual tapi alhamdulillah aman dan bisa tetap akses dengan mudah
Comment Author Avatar
manajemen email seperti ini bermanfaat banget buat kita yang aktif bekerja dengan sarana email, thanks
Comment Author Avatar
sepertinya yang kerjanya bersentuhan dengan teknologi digital pasti punya email lebih dari satu ya, hehehe. dan si GMAIL ini bantu banget soal per-emilan dan aman banget. kalo ada usaha masuk akun pasti ada notifnya, apalagi ngurus banyak emak begini ya. memudahkan banget.

Terima kasih atas kunjungan, kontribusi, komentar, support, saran dan kritik membangun untuk konten personal blog dan informasi aset digital marketing yang tersedia di website dirmanian.web.id.