3 Jenis Tipe Web Hosting

 Berdasarkan perkembangan teknologi yang terus menyesuaikan kebutuhan pelanggan website, istilah hosting saat ini memang sudah sangat beragam nama paketannya. Beberapa yang mungkin sering ditemui adalah: web hosting, cloud hosting, wordpress hosting dan unlimited hosting.

3 Jenis Tipe Web Hosting
dirmanian.web.id

Namun sejalan dengan pengalaman dirmanian.web.id sendiri, sebenarnya jenis hosting itu sendiri memiliki 3 tipe, yaitu:

  1. Shared Hosting
  2. Virtual Private Server
  3. Dedicated Server
Agar lebih jelas dan detail mengenali 3 Jenis Tipe Web Hosting tersebut, berikut merupakan penjelasan singkat sesuai dengan yang pernah dirmanian.web.id ketahui.

1. Shared Web Hosting

Shared Hosting merupakan sebuah layanan berbasis teknologi digital untuk kebutuhan membuat website maupun blog yang menyediakan pilihan paket hosting umum dalam satu server. Artinya, di dalam satu server tersebut akan ditempati oleh beberapa akun hosting yang bisa jadi salah satunya adalah website milik Anda.

Jika diibaratkan sebuah layanan hunian, shared web hosting ini sama dengan kos-kosan, di mana terdapat beberapa kamar sewa dalam satu bangunan. Layanan paket shared hosting ini banyak digunakan secara umum karena salah satu kelebihannya adalah memiliki harga yang relatif lebih terjangkau.

Kelebihan menggunakan layanan shared hosting

  • Harga lebih terjangkau dengan banyak paket yang beragam sesuai kebutuhan website
  • Tidak perlu keahlian khusus dalam bidang IT dan pemograman karena semua fitur telah disediakan dalam satu paket hosting manager
  • Update software otomatis sesuai dengan yang berlaku pada server di peyedian layanan web hosting tersebut

Kekurangan menggunakan layanan shared hosting

  • Tidak cocok untuk sebuah website dengan traffic kunjungan sangat banyak
  • Fitur dan spesifikasi server harus mengikuti settingan yang telah tersedia
  • Jika salah satu akun "diserang", maka biasanya akan berimbas juga ke website yang lain dalam satu server tersebut

2. Virtual Private Server

Layanan hosting ini lebih dikenal dengan nama singkat: VPS. Sesuai dengan istilahnya "virtual", vps ini boleh dibilang lebih menguntungkan pelanggannya karena menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan resource khusus (private) di sebuah server tersebut, meskipun digunakan oleh lebih dari satu user.

Boleh dibilang, virtual private server ini merupakan sebuah layanan hosting yang lebih mewah jika dibandingkan dengan shared web hosting.

Kelebihan menggunakan layanan VPS

  • Lebih leluasa melakukan seting sendiri untuk keperluan dan fitur apa saja sesuai dengan yang dibutuhkan oleh website
  • Cocok untuk situs website maupun blog dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak
  • Jika ada masalah dengan website lain, maka biasanya website Anda tidak akan terpengaruh

Kekurangan menggunakan layanan VPS

  • Sesuai dengan kelebihannya, harga sewa bulanan biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan shared web hosting
  • Perlu sedikit maupun banyak keahlian dalam hal teknis untuk mengelola server, seperti melakukan instalasi web server, database dan lain sejenisnya
  • Perlu dilakukan backup dan monitoring secara mandiri oleh pemilik akun virtual private server (vps) atau teknisi yang dipercaya untuk mengelolanya

3. Dedicated Server

Layanan teknologi dalam bidang web hosting untuk tipe dedicated server ini dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik jika Anda adalah pemilik maupun pengelola website untuk kebutuhan produksi besar, misalnya perusahaan ataupun layanan mandiri dengan mengedepankan tingkat sekuritas serta privasi yang ingin lebih terjaga.

Kelebihan menggunakan Dedicated Server

  • Dengan biaya dan harga yang sesuai dengan kelasnya, Anda akan dapat memiliki sebuah server pribadi dengan isi akun website Anda sendiri tanpa adanya akun-akun yang lain
  • Anda memiliki akses penuh secara ekslusif dalam hal mengoperasikan dan mengelola server sesuai dengan kebutuhan website
  • Layanan hosting tipe ini, merupakan layanan yang premium jika dibandingkan dengan shared hosting dan vps hosting
  • Bisa digunakan untuk bisnis lain seperti jualan layanan paket shared hosting dan virtual private server

Kekurangan menggunakan Dedicated Server

  • Bagi sebagian kalangan, memiliki dedicated server ini mungkin dianggap perlu alokasi biaya yang terbilang cukup tinggi
  • Diperlukan sumber daya manusia yang khusus memiliki ahli di bidang pengelolaan server
  • Memerlukan waktu khusus untuk mengelola karena dedicated server ini benar-benar hanya milik Anda dan dikelola secara mandiri
Itulah konten singkat tentang apa saja 3 Jenis Tipe Web Hosting yang saat ini tersedia terutama di Indonesia, jadi dari ketiga layanan tersebut Anda bisa saja memilikinya sesuai dengan perjalanan dan kebutuhan website yang dikelola.

Semoga dapat menjadi manfaat dan referensi baik saat Anda membutuhkan informasi tentang jenis tipe web hosting yang akan menjadi pilihan tepat bagi website Anda.

mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

20 komentar untuk "3 Jenis Tipe Web Hosting"

Comment Author Avatar
Sebagai seorang yang nyerempet nyerempet di dunia per-hosting-an, hal-hal seperti ini memang sudah menjadi bare minimum untuk diketahui sih karena penting banget
Comment Author Avatar
makasih ilmunya kak, jadi tau tipe2 web hosting, bermanfaat baik ketika kelak membutuhkan informasi tentang jenis tipe web hosting yang akan menjadi pilihan bagi website saya.
Comment Author Avatar
Ibaratnya sewa tempat, yang private dan dedicated tentu harganya lebih mahal ya kan? Tapi tentu saja harganya sebanding dengan kenyamanan dan keamanan, tentunya
Comment Author Avatar
Buat yg pake wordpress bener2 bisa dipertimbangkan ini kau pake hosting yg mana sesuai kebutuhannya
Comment Author Avatar
WordPress juga lebih nyaman kalau soal hostingnya sesuai sama kebutuhan ya.
Comment Author Avatar
Makasih ilmunya mas, sangat menambah wawasan untuk saya sebagai blogger. Penjelasannya mudah dipahami , jadi tahu jenis-jenis tipe web hoster
Comment Author Avatar
Wah terima kasih Kak..membaca tulisan ini menambah wawasanku ttg jenis2 web hosting..maklum aku tuh awam banget ttg hal ini. Sekali lagi maturnuwun...
Comment Author Avatar
VPS sepertinya jadi tren bagi para penyedia layanan web hosting ya Kak. Selain sifatnya lebih private alias lebih aman, pelanggan pun dimudahkan saat perlu upgrade kapasitas penyimpanan atau kecepatan server. Tapi di luar itu, memang pelanggan perlu menyediakan dana ekstra ya untuk memperoleh layanan ini dibanding shared hosting.
Comment Author Avatar
Wah, artikelnya keren banget! Penjelasan tentang hostingnya jelas dan mudah dipahami. Cocok buat yang lagi bingung pilih hosting. Terima kasih infonya, Mas Dirman!
Comment Author Avatar
Terima kasih sudah berbagi ilmunya, Kak Dirman. Selama ini cuma tau hosting aja. Ngeblog soalnya suka nulis. Jadi tau ternyata ada berbagai jenis hosting ya bisa disesuaikan kebutuhan.
Comment Author Avatar
Saya bukan pengguna wordpress, jadi agak asing dengan jenis-jenis hosting. Menarik banget nih artikelnya. Bisa jadi pengetahuan buat yang belum terlalu mengenal hosting. Siapa tau besok mau pindah ke wordpress dan sejenisnya yang membutuhkan hosting ini, hehe.
Comment Author Avatar
Ilmunya mantap betul kak, buat blogger yang pakai blogspot perlu pakai hosting lagikah kak? Hosting apa yang perlu?
Comment Author Avatar
Kalau sudah pakai blogger tidak perlu, kak. Karena sudah ada hosting gratis dari blogger tersebut. Biasanya tinggal custom domainnya saja.

Terkecuali, jika nanti ada kebutuhan dan akan migrasi menggunakan WordPress self hosted, baru perlu memilih paket hosting yang sesuai kebutuhan.
Comment Author Avatar
adanya kekurangan dan keunggulan masing-masing ini, jadi bahan pertimbangan matang sebelum pakai web hostingnya. Sehingga lebih siap mental bila ada gangguan misalnya, dan gercep buat cari solusinya
Comment Author Avatar
Ternyata web hosting tuh beda-beda ya. Makin nambah ilmu nih karena aku tahunya hosting aja. Mungkin bakal milih sesuai kebutuhan aja sih walaupun akan lebih enak kalau pakai privat
Comment Author Avatar
Penting bgt utk mengetahui tipe web hosting ini. Jd jgan asal tergiur promo murah, tp ntar malah web kita berantakan/ga bs diakses hanya krn web server-nya ga dikelola dgn baik dan ga ngerti beragam web hostingnya. Emg hrs sesuai kebutuhan sih ya.
Comment Author Avatar
Aku pakai yang pertama, Shared Web Hosting.
Memang kurang lebih yaa.. Semoga gak ada serangan apapun yang bisa berimbas buruk bagi blog kami. Karena nyaman banget dari segi biaya, memang jadi sangat terjangkau sekali. Dan maintenance kalau ada yang butuh di upgrade.
Comment Author Avatar
Duh sudah lama pengen migrasi ke WP tapi bingung bayar hosting-nya. Dari tulisan ini, saya dapat insight banyak & mulai mikir lagi.
Comment Author Avatar
Berhubung saya baru mau belajar makai hosting, dapat info tentang hosting gini tuh jadi "Oh gitu toh", "rupanya gini, dll".

Saya pengen nyobain yang shared hosting sebagai bahan belajar untuk bikin blog di wordpress. Kan pastinya traffic enggak tinggi tuh.
Comment Author Avatar
Aku baru tahu kalau web hosting itu beragam banget. Memang harus pilih-pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan ya. Next kalau mau beli bisa liat artikel ini lagi. Soalnya aku suka lupa hehehe

Terima kasih atas kunjungan, kontribusi, komentar, support, saran dan kritik membangun untuk konten personal blog dan informasi aset digital marketing yang tersedia di website dirmanian.web.id.