Tips Menjaga Kesehatan Seorang Blogger

 Hai dirmanians! pada tulisan blog kali ini, dirmanian.web.id akan mencoba membahas tentang bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Seorang Blogger agar selalu tetap produktif dan sehat walaupun sedang banyak hal yang harus dikerjakan seperti menulis, membaca untuk menambah wawasan, riset kata kunci atau topik yang akan disajikan menjadi sebuah karya tulisan di blog maupun sedang banyak-banyaknya deadline menulis untuk publikasi konten promosi.

Agar lebih relefan, mari kita urutkan tips menjaga kesehatan bagi tubuh seorang blogger mulai dari bagian tubuh yang sudah pasti akan paling sering digunakan. Karena sejatinya seorang narablog/blogger ini memiiki aktivitas utama membaca dan menulis, maka hal yang bisa dianggap paling utama diperhatikan adalah dengan menjaga kesehatan mata.

dirmanian.web.id

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Karena aktivitasnya, maka mari kita mulai dengan tips menjaga kesehatan mata agar tetap segar dan bisa fokus antara lain adalah dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Pastikan beraktivitas di ruang dengan cahaya yang cukup

Baik sedang di depan laptop/desktop maupun sedang menggunakan smartphone, pastikan selalu berada di dalam ruangan dengan cahaya yang cukup baik, ya. Apalagi jika memiliki ruang kerja khusus, usahakan agar lampu bohlam yang dipakai masih bagus cahayanya. Bilamana perlu, ganti secara berkala agar kualitas pencahayaan ruang kerjanya tetap terjaga dengan baik.

2. Berikan nutrisi untuk mata

Ini dapat dilakukan dengan cara konsumsi makanan yang mengandung nutrisi pendukung untuk kesehatan mata, misalnya bahan makanan yang banyak terkandung vitamin A seperti wortel, ubi jalar, jeruk dan bayam. Atau bisa saja dengan mengkonsumsi nutrisi vitamin mata pada produk yang tersedia di apotek terdekat.

3. Berikan waktu istirahat untuk mata

Jangan terlalu diporsir, apalagi saat sedang banyak-banyaknya aktivitas yang mengharuskan seorang blogger seharian di depan laptop. Pastikan selalu mengistirahatkan mata paling tidak setiap 2 jam sekali bisa dengan cara mengalihkan pandangan dengan melihat yang ijo-ijo atau cukup dengan memejamkan mata beberapa saat saja.

Tips Menjaga Kesehatan Jari

Tidak bisa dihindari, jari tangan bagi seorang narablog/blogger merupakan bagian tubuh yang sangat vital untuk tetap terjaga kesehatannya. Bagaimana tidak? aktivitas yang sering dilakukan dalam kesehariannya adalah mengetik atau memainkan jemarinya saat bersama smartphone.

Nah, salah satu tips menjaga kesehatan jari tangan salah satunya adalah dengan melakukan senam jari secara berkala. Olahraga ini merupakan cara senam jari sederhana yang dapat membantu memperkuat otot-otot tangan, meningkatkan fleksibilitas, serta mengurangi ketegangan yang terjadi pada sendi-sendi jari.

Tips Menjaga Kesehatan Hati dan Pikiran

Istilah kerennya, mood. Ini perlu dijaga terutama pada saat sedang banyak-banyaknya pekerjaan sebagai seorang blogger seperti job menulis konten, review produk atau jasa dari brand, menghadiri undangan hingga menjadi pembicara di sebuah acara.

Cara agar kesehatan hati dan pikiran sehingga kita tetap selalu dalam mood yang baik sebenarnya cukup banyak, antara lain adalah:

  • Meluangkan waktu bersama keluarga di rumah sembari bercerita atau bercanda
  • Selalu memiliki pikiran positif terhadap apapun termasuk hal yang sepertinya kelihatan buruk
  • Memanjakan diri sesuai dengan kebutuhan (jalan-jalan, jogging, liburan, kulineran)
  • Mendengarkan musik atau menonton film kesukaan
  • Makan cokelat
  • Meditasi
  • Hindari terlalu sering begadang

Kesimpulan

Sebanyak apapun pekerjaan seorang narablog yang sedang didapatkan, tentunya harus tetap menjaga kesehatan agar semua aktivitas dapat dilakukan dengan baik. Kamu seorang blogger? punya tips atau cara tersendiri agar kesehatanmu bisa selalu terjaga?

mas Dirman
mas Dirman Sebagai seorang narablog dan praktisi aset digital, penulis menyukai dan memublikasikan konten seputar teknologi, blogging, bisnis online dan gaya hidup di blog yang dikelolanya. Tertarik untuk kerja sama atau konsultasi? silakan hubungi melalui halaman kontak yang tersedia di blog ini.

25 komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Seorang Blogger"

Comment Author Avatar
Wah ini mah wajib diterapin. Apalagi kegiatan blogger yang sebagian orang menjadi pekerjaan utama atau kedua...



Newsartstory
Comment Author Avatar
Setuju, mas.. apalagi kalau sudah full time blogger itu begadangnya kuat-kuat ya? heuheuhe..
Comment Author Avatar
aku seharian bisa berjam-jam menatap layar komputer dan nggak begitu suka wortel. Jadi memang mata terasa capek banget kalau udah keseringan menatap layar
biasanya mencoba mengalihkan pandangan beberapa menit aja
Comment Author Avatar
Yupss... sebaiknya memang seperti itu, kak Ainun. Apalagi seharian di depan laptop kan?
Comment Author Avatar
Wah aku baru tahu ttg senam jari nih.. penasaran juga utk.mencoba hehe.. Terima kasih sharing tipsnya ya
Comment Author Avatar
Iyah.. cobain deh kak Mechta. Biar sehat terus jemarinya :)
Comment Author Avatar
Suka, hoby ngeblog boleh asal jaga kesehatan gitu kali ya...akupun menghindarinya kalo ngeblog pakai kacamata anti radiasi hehe
Comment Author Avatar
Waaah keren nih sampai pakai kacamata anti radiasi juga yah kak saat ngeblog? okay thank you for sharing! :)
Comment Author Avatar
blogger layaknya profesi yang lain pastinya juga perlu selalu menjaga kesehatan ya apalagi kerjanya juga sering di depan layar dan ngetik melulu. aku kadang pegal banget tanganku karena keseringan ngetik dan akhirnya ke tukang urut deh
Comment Author Avatar
Naah, kan! kalau bisa sih jangan sampai terulang lagi ke tukang urutnya kak, yukk.. tetap jaga kesehatan.
Comment Author Avatar
Sekarang saya mulai menyeimbangkan antara pekerjaan dan kesehatan fisik dan psikis juga. Soalnya pernah sampai sakit panggul sampai 3 minggu. Akhirnya malah mengganggu semua aktivitas. Akhirnya, saya mulai aktivitas dengan seimbang.
Comment Author Avatar
Waah sampai segitunya yah? semoga dengan tetap menjaga kesehatan bisa sehat dan segar terus yah, kak..
Comment Author Avatar
Iya nih, mata. Gampang lelah, mudah ngantuk, apalagi kalau deadline sudah dekat
Comment Author Avatar
Waah harus diperhatikan itu, kak.. semoga sehat selalu ya...
Comment Author Avatar
Kayaknya yang paling sulit itu menjaga hati dan pikiran ya. Soalnya kadang sepi job dikit dah bingung gimana lagiiiii ini lah. Mood berantakan jadi nggak fokus nulis.
Comment Author Avatar
kak Ririn benar juga nih, apalagi jika seorang blogger full time di mana penghasilan utamanya dari menulis di blog, kan?
Comment Author Avatar
selain menjadi blogger, aku juga bekerja di kantor berita sebagai editor, jadi seharian itu duduk aja kerjanya, keluar juga nggak terlalu intens, info ini jadi reminder buat aku, thanks penulis
Comment Author Avatar
Sama-sama, kak.. iyah.. saya jadi keinget juga waktu masa-masa masih bekerja dulu, duduk di depan komputer memang perlu banget menjaga kesehatan seperti di tulisan ini, yaaaa
Comment Author Avatar
Biasanya yang diserang sih mata yaaa karena liat ke layar mulu hehehe, sama jangan lupa kesehatan pinggang yg sering encok karena kelamaan duduk depan komputer 😂
Comment Author Avatar
Setuju nih dengan kak Asty! :) kesehatan pinggang perlu juga diperhatikan hehehe
Comment Author Avatar
Aku paling menjaga adalah ksehatan mata karena kadang kalau trlalu lama di laptop atau hp bkin perih nih
Comment Author Avatar
Nah, kaan.. kak Yanti harus sesekali mengalihkan pandangan nih, supaya tidak sering perih lagi matanya.
Comment Author Avatar
Nah ini, gak hanya soal badan, mata dan jari aja kesehatan yang dipikirkan oleh blogger, kesehatan hati pun perlu, karena kalau udah nggak mood bakal bahaya deh ya
Comment Author Avatar
Iya, kak Fenni. Aku soalnya pernah juga secara fisik sih sedang baik-baik saja, tapi mood gak ada yaa mau nulis juga engga bisa mengalir seperti biasanya gitu.
Comment Author Avatar
Sebagai blogger, ternyata ada juga niih yaa.. resiko penyakit yang mengancam kalay terus terusan berada di depan gadget terutama komputer.
Jadi tetap kudu bergerak dan utamanya lakukan aktivitas nyata lainnya.

Terima kasih atas kunjungan, kontribusi, komentar, support, saran dan kritik membangun untuk konten personal blog dan informasi aset digital marketing yang tersedia di website dirmanian.web.id.