Manfaat Website Bisnis Bagi Pemilik UMKM

 Keberadaan website bagi bisnis UMKM di era digitalisasi seperti sekarang ini memang cukup penting dan memiliki peluang yang bisa mendatangkan keuntungan/profit tambahan. Jadi seharusnya para pelaku dan pemilik UMKM di Indonesia segera memiliki website untuk bisnisnya. Tidak perlu menjadi seorang progamer handal untuk membangun sebuah website. Dari sisi biaya juga lebih murah untuk ukuran sebuah aset marketing digital jika dibandingkan dengan aset konvensional, sewa toko misalnya.

Mengapa UMKM perlu memiliki website bisnis?

Mari kita coba "mengenang" ke kondisi puluhan tahun yang lalu saat aset publikasi dan promosi bisnis masih bersifat konvensional. Sebagai awal, sebuah bisnis bisa saja perlu membangun/membuat/memiliki sebuah toko atau warung untuk memajang produk dan memasarkannya. Biasanya itu akan memakan biaya yang cukup lumayan besar, belum lagi biaya iklan promosi bisnis yang tidak sedikit walaupun hanya dengan cakupan wilayah yang terbatas.

Coba kita hitung biayanya untuk pengeluaran bulanan dan tahunan, berapa jumlahnya.. 5 jutaan? 10 jutaan atau bahkan hingga ratusan juta per bulan? Itu bisa saja terjadi tergantung dari kebutuhan serta seberapa besar aset bisnis konvensional yang akan dibangun.

Manfaat Website Bisnis Bagi Pemilik UMKM
dirmanian.web.id

Namun di jaman sekarang dengan memiliki website akan lebih memangkas biaya tersebut hingga jauh lebih murah. Anda sebagai pelaku maupun pemilik bisnis UMKM tentu mau jika mengeluarkan biaya untuk promosi dengan investasi yang kecil namun bisa meraup untung yang besar, bukan?

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat website bisnis bagi UMKM?

Dari informasi tersebut di atas, mari kita buktikan dengan cara menghitung investasi sebagai biaya untuk membangun website bisnis bagi UMKM.

Membuat website bisnis menggunakan akun Google

Aset digital yang diperlukan hanya cukup memiliki akun google mail (gmail). Sudah punya? jika sudah maka silakan melakukan cara di bawah ini untuk segera memiliki sebuah website bisnis:

  • Kunjungi situs https://www.blogger.com.
  • Tekan tombol Create Your Blog, kemudian ikuti semua petunjuk hingga berhasil membuat sebuah website blog yang biasanya dengan alamat url: nama-bisnis-anda(dot)blogspot(dot)com/co(dot)id.

Untuk menjadikan tampilan website lebih menarik, Anda bisa menggunakan desain template gratis khusus untuk blogspot dari situs gooyaabitemplates.com.

Membuat website menggunakan nama domain dan hosting

Apa itu domain?
Domain merupakan sebuah alamat website yang dapat disesuaikan dengan nama produk, jasa atau nama bisnis UMKM Anda. Semisal nama toko adalah majusejahtera, maka Anda bisa membeli domain untuk dijadikan alamat website dengan nama majusejahtera.com.

Apa itu hosting?
Hosting atau sering dikenal juga dengan istilah Web Hosting adalah tempat penyimpanan online yang dapat digunakan untuk menyimpan data digital website atau toko online sehingga dapat diakses menggunakan alamat website (nama domain).

Manfaat Utama Website Bisnis Bagi Pemilik UMKM

Selain investasi berupa biaya untuk memiliki sebuah website bisnis, berikut merupakan 5 manfaat utama jika UMKM memiliki website:
  1. Sebagai profil bisnis profesional dan terpercaya.
  2. Sarana pemasaran tanpa batas waktu dan jarak karena dapat diakses selama 24 jam.
  3. Dapat diintegrasikan dengan akun social media bisnis sehingga profil di medsos juga akan memiliki kesan sebagai bisnis yang serius.
  4. Media langsung yang selalu dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pembeli.
  5. Memudahkan transaksi kapan dan di mana saja dengan menggunakan media yang tersambung dengan koneksi internet seperti smartphone.
Sudah banyak UMKM di Indonesia yang meningkatkan daya saing serta promosi global menggunakan aset digital marketing berupa website. Sekarang giliran Bisnis Anda punya website!
mas Dirman
mas Dirman Sebagai seorang narablog dan praktisi aset digital, penulis menyukai dan memublikasikan konten seputar teknologi, blogging, bisnis online dan gaya hidup di blog yang dikelolanya. Tertarik untuk kerja sama atau konsultasi? silakan hubungi melalui halaman kontak yang tersedia di blog ini.

19 komentar untuk "Manfaat Website Bisnis Bagi Pemilik UMKM"

Comment Author Avatar
Buat saya website itu penting sekali untuk branding diri. Tapi buat yang menyukai dunia blogger atau penulis.




Newsartstory
Comment Author Avatar
Sejatinya semua berawal dari blogger ya, mas? :D
Comment Author Avatar
Menurutku emang UMKM itu wajib punya website, karena zaman digital begini pemasaran melalui daring lebih efektif dan efesien.
Comment Author Avatar
Website sekarang penting banget buat kredibilitas UMKM ya. Sepupuku awal-awal punya usaha, agak kesulitan karena enggak pakai web, tapi setelah punya web, eh! penjualannya naik, meski belum pakai domain yang berbayar, tapi kredibilitasnya mulai naik. :D
Comment Author Avatar
Waah senang mendengarnya, semoga bisa menjadi inspirasi bagi UMKM lai di sekitar kak Dinda yaaa...
Comment Author Avatar
Para pebisnis UMKM emang perlu belajar sedikit tentang website yang sederhana aja untuk memudahkan usahanya bisa lebih dilihat orang banyak nih. Mudah2an didukung di tiap daerah supaya makin maju dan gak kalah sama bisnis besar 😊
Comment Author Avatar
Setuju, karena makin kesini aset marketing digital berupa website sepertinya memang makin penting dan diperlukan untuk dimiliki setiap UMKM di Indonesia.
Comment Author Avatar
untuk wahkorea.com molly juga pake gooyabitemplates. soalnya layoutnya banyak dan kece banget, bnyk yg free juga.
Comment Author Avatar
Waah kak Molzania ternyata sudah pakai gooyabi juga yah untuk templatenya
Comment Author Avatar
Website adalah bentuk profesionalitas bisnis kita. Bahkan, bukan hanya bisnis, konon di Australia tukan ledeng pung punya website pribadi saking sudah sangat pentingnya personal branding.
Comment Author Avatar
Wah, penting banget memang utk UMKM. Terima kasih sharing infonya ya.. insya Allah bermanfaat bagi UMKM..
Comment Author Avatar
betul banget kak website penting banget jaman sekarang buat umkm... selain website, menggunakan sosmed juga penting karena bisa lebih dekat dg market konsumennya
Comment Author Avatar
Punya website kalau emang tau cara mengembangkannya maka akan jadi ladang cuan
Comment Author Avatar
Seenggaknya UMKM harus punya landing page. Selain mempermudah konsumen mencari informasi, juga bentuk keseriusan dalam menjalankan usaha.
Comment Author Avatar
Memang kelihatan keren sih punya website sendiri. Tapi sekarang pada beralih ke sosmed yang emang penggunanya juga banyak. Jadi lebih cepat sampai ke mereka produk kita.
Comment Author Avatar
Buat yang menggeluti bisnis, memang perlu dilengkapi dengan website agar lebih lengkap lagi informasi dalam menjangkau kustomer.
Comment Author Avatar
aku sebenarnya kepikiran juga nih bikin website buat usaha suami yang berhubungan dengan service motor cuma masih bingung gimana ngisi kontennya. he
Comment Author Avatar
Pentingnya menggunakan website bisnis agar klien pun bisa melihat portfolio digital yang bisa kapan aja diakses dan menambah nilai jual dari sebuah bisnis.
Comment Author Avatar
Iya kalau punya website, bisnis kita yang kecil-kecilan bisa terlihat profesional. Trus keuntungannya, kalau ada yang bertransaksi via website sendiri, kita bisa mendapatkan keuntungan penuh. Sementara kalau jualan di e-commerce, ada biaya admin.

Terima kasih atas kunjungan, kontribusi, komentar, support, saran dan kritik membangun untuk konten personal blog dan informasi aset digital marketing yang tersedia di website dirmanian.web.id.