Begini Cara Agar UMKM Kuliner Naik Level

 Punya bisnis UMKM di bidang kulineran dan ingin #naiklevel dengan memanfaatkan teknologi digital? Ternyata Begini Cara Agar UMKM Kuliner Naik Level. Baca terus konten informasi ini sampai selesai ya!

Sebelum berlanjut ke cara agar UMKM bisa naik level dengan mudah dan cepat, sebaiknya ketahui tentang alat digital apa yang perlu dipersiapkan. Informasi terkait hal tersebut dapat dibaca pada artikel sebelumnya dengan judul: 5 Aset Digital Marketing yang Wajib Dimiliki oleh UMKM Modern.

Begini Cara Agar UMKM Kuliner Naik Level
dirmanian.web.id

Jika semua alat untuk memasarkan produk UMKM Anda tersebut sudah tersedia, mari kita lanjutkan ke pembahasan utama yakni tentang cara agar umkm kuliner bisa naik level dengan memanfaatkan sarana digital marketing.

Whatsapp Bisnis

Sarana yang paling mudah pertama kali adalah dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp bisnis (Whatsapp Business). Anda sudah menggunakan whatsapp sebagai sarana komunikasi? coba perhatikan, jenis whatsapp apa yang saat ini Anda pakai. Pastikan Anda sudah memiliki atau mengunduh aplikasi Whatsapp Bisnis secara gratis yang bisa didapatkan di Playstore maupun Apple Store.

Mengapa perlu menggunakan Whatsapp Bisnis?

Beberapa kelebihan serta fitur yang tersedia di aplikasi whatsapp bisnis ini akan membantu Bisnis Kuliner memiliki fasilitas seperti:
  • Menampilkan katalog produk kuliner sehingga dapat mempermudah untuk memublikasikannya saat Anda chat dengan keluarga, teman, kolega bahkan di grup whatsapp.
  • Dapat diseting terintegrasi dengan aset pemasaran digital lain seperti halaman facebook, instagram profil bisnis dan website toko online.
  • Bisa dibuat sebagai profil online bisnis sederhana yang dapat memudahkan calon pelanggan mengenali dan menemukan bisnis kuliner Anda.
  • Tersedia fitur iklan online sebagai alat marketing profesional untuk bisnis kuliner Anda.

Social Media Bisnis

Cara memiliki akun social media untuk bisnis kuliner cukup mudah! buat saja sebuah halaman facebook (fanpage) dengan nama bisnis kuliner Anda. Cara membuatnya juga tidak sulit, cukup dengan berkunjung ke halaman https://id-id.facebook.com/pages/create, kemudian isi dan lengkapi formulir data bisnis yang diperlukan.

Marketplace

Milikilah akun di marketplace besar, terkenal serta populer di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee dan lain sejenisnya. Tujuannya adalah agar bisnis kulineran Anda memiliki lebih banyak profil bisnis online sehingga calon pelanggan dapat dengan mudah segera menemukan produk makanan maupun minuman yang Anda jual.

Selain marketplace, bisnis kuliner Anda juga dapat memperkaya aset pemasaran digital dengan memanfaatkan aplikasi pesan makanan online yang sudah digunakan oleh banyak orang di Indonesia seperti gofood, grabfood, shopeefood, maximfood.

Website

Faktanya, sudah hampir semua pelaku dan pemilik UMKM termasuk yang bergerak di bidang kuliner sudah memiliki website sebagai sarana aset digital untuk memasarkan produknya. Jenis website yang dapat dimiliki biasanya terdiri dari 2 jenis: website profil bisnis dan website toko online.

Jika bisnis kuliner Anda membutuhkan jasa pembuatan website, silakan melihat informasi lengkap termasuk contoh website dan harga jasa pembuatan website yang dapat ditemukan pada halaman jasa dengan judul: Website Toko Online Instan Langsung Siap Jualan.

Google Business

Dikenal juga dengan nama Google Bisnis Lokal dan Google Profil Bisnis. Saat ini Anda masih bisa mendapatkannya secara cuma-cuma (gratis!). Keuntungan jika bisnis kuliner Anda memiliki akun Google Bisnis Lokal salah satunya adalah bisnis akan segera dapat dengan mudah ditemukan di pencariaan Google Maps. Cara mendapatkan fasilitas ini juga cukup mudah, yakni sebagai berikut:
  1. Login ke akun google mail
  2. Buka halaman resmi Google Bisnis Lokal di: https://www.google.com/intl/id_id/business/
  3. Lakukan pendaftaran dengan mengisi informasi serta persyaratan melalui ditus tersebut hingga bisnis kuliner Anda dapat ditampilkan dan terverifikasi

Digital Marketing

Setelah semua cara agar UMKM Kuliner Naik Level di atas tersebut telah dilakukan, maka cara selanjutnya adalah memaksimalkan serta mengoptimalkan seluruh aset digital dengan melakukan pemasaran digital online (digital marketing).

Ada 2 jenis tahapan yang dapat dilakukan, yakni secara organik dengan terus mengenalkan profil bisnis online untuk usaha umkm kulineran anda kepada orang lain menggunakan whatsapp bisnis, akun media sosial bisnis, marketplace dan aplikasi pesan makanan online, website dan juga profil di google bisnis lokal.

Cara selain organik adalah dengan menggunakan sarana iklan. Walaupun cara ini dapat mempercepat profil bisnis kuliner Anda dikenal bahkan hingga mendapatkan pembeli, namun membutuhkan biaya sebagai investasi. Jadi pastikan Anda sudah menyiapkan modal untuk melakukan publikasi bisnis dengan cara iklan.

Iklan yang dapat dilakukan cukup banyak, seperti misalkan dengan memanfaatkan facebook ads yang mana iklan Anda dapat mencakup keseluruhan profil seperti whatsapp bisnis, halaman facebook dan juga instagram. Iklan di marketplace atau aplikasi pesan makanan online serta memanfaatkan Google Ads Indonesia untuk pasang iklan di Google.

Dukung UMKM di Indonesia bisa Naik Level!

Sudah banyak pelaku bisnis UMKM Kuliner memanfaatkan teknologi informasi digital untuk agar naik level dalam hal memasarkan produknya tanpa batas. Sekarang giliran bisnis kulineran Anda mencobanya.

Konten ini dibuat sebagai wujud nyata dukungan terhadap program #UMKMLEVELUP yang  diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka mendukung pelaku UMKM #SiapLevelUp melalui adopsi teknologi digital.
UMKM Level Up adalah sebuah Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka mendorong para pelaku UMKM #LevelUp dari sisi adopsi teknologi digital untuk memperluas akses pemasaran, meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis, meningkatkan daya saing dan inovasi, serta meningkatkan transaksi penjualan pelaku UMKM.
mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Agar UMKM Kuliner Naik Level"