Langkah Mudah Cara Membuat Desain Undangan Digital

Selain mendukung program paperless, mengetahui cara membuat desain undangan digital (dikenal juga dengan istilah: undangan elektronik) ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menambah penghasilan. Atau paling tidak, dapat mengurangi biaya saat kita sedang membuat sebuah acara lalu kemudian membutuhkan undangan untuk disebarkan.

Sekilas tentang apa itu Undangan Digital

Undangan digital adalah sebuah media yang menampilkan surat undangan acara yang bisa diakses secara online, pada umunya undangan digital digunakan oleh para calon pengantin berupa poster digital, video, situs undangan pernikahan (web invitation) atau stop motion, ada juga dengan cara scan undangan yang telah dicetak (OPEN Library Telkom University).

dirmanian.web.id

Jika kita mengacu kepada penjelasan singkat di atas tentang definisi undangan digital, maka agar lebih mudah memahami berikut adalah 2 jenis model undangan digital elektronik yang dapat kita buat sesuai dengan kebutuhan:

1. Poster Digital

Apa itu poster digital? Poster digital adalah sebuah media informasi termasuk undangan berupa poster yang dibuat oleh program digital desain grafis atau bisa saja didesain secara konvensional yang kemudian difoto atau dipindai (scan) sehingga menjadi sebuah dokumen digital berupa undangan elektronik.

Poster digital biasanya dibuat dalam bentuk gambar statis maupun dinamis yang kaya akan tampilan audio visual atau bahkan efek grafis tambahan agar undangan memiliki kesan lebih modern, futuristik hingga mewah. Undangan ini biasanya dibagikan menggunakan whatsapp atau media sosial.

2. Undangan Online (Website Invitation)

Jenis undangan dengan menggunakan website ini dikenal juga dengan istilah e-invitation atau web invitation. Yakni memanfaatkan sebuah situs web atau website sebagai media untuk menyampaikan informasi undangan untuk acara pernikahan, pesta adat dan lain sebagainya.

Lalu apa perbedaan antara poster digital dan undangan online? secara umum sebagai media penyampai informasi sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya saja mungkin dari cara membuat dan cara membagikannya yang terdapat sedikit perbedaan.

Jika poster digital biasanya hasil akhirnya dalam bentuk sebuah gambar atau video sehingga cara membagikannya bisa dengan menyimpannya di smartphone kemudian dibagikan langsung berupa file tersebut via whatsaap misalkan. Sementara untuk website invitation, dibagikan dengan cara menyebarkan alamat website (contoh: pernikahan saya dot com).

Cara Membuat Desain Undangan Digital

Nah setelah kita mengetahui sekilas tentang apa itu undangan digital, kini saatnya kita mengetahui cara mudah serta langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat desain digital undangan elektronik ini.

1. Siapkan waktu dan konsep

Sebaiknya kita tentukan terlebih dahulu konsep desain yang akan dibuat menjadi sebuah undangan digital. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk menentukan tampilan desain. Selain itu juga siapkan waktu yang tepat untuk membuat desain undangan digital, karena ini membutuhkan sebuah ketekunan, kesabaran dan juga ide kreasi.

2. Gunakan aplikasi seperti Canva untuk membantu mempermudah membuat desain undangan

Jujur saja, karena Dirmanian.web.id ini pengguna Canva, maka aplikasi yang langsung menjadi referensi dan rekomendasi untuk membuat desain undangan digital. Silakan langsung mendaftar akun Canva dengan cara mengakses website https://www.canva.com atau unduh aplikasi yang sudah tersedia di Playstore.
Setelah memiliki akun, berikut adalah Langkah Mudah Cara Membuat Desain Undangan Digital menggunakan Canva:
  • Login dengan akun yang sudah terdaftar di canva.
  • Tekan tombol Buat Desain, kemudian masukkan kata kunci: "Undangan" dan pilih Undangan Virtual.
  • Pada kolom pencarian berikutnya, masukkan kata kunci untuk menemukan template desain sesuai dengan yang dibutuhkan, misalnya: "Undangan Pernikahan".
  • Pilih template yang menarik dan mulai lakukan desain.
  • Setelah selesai, unduh desain undangan dan bagikan.

Selamat mencoba. Jika membutuhkan bantuan untuk kebutuhan Membuat Desain Undangan Digital berupa poster digital maupun menggunakan website undangan, silakan menghubungi dirmanian.web.id.

mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

15 komentar untuk "Langkah Mudah Cara Membuat Desain Undangan Digital"

Comment Author Avatar
Makasih kak infonya. Bermanfaat sekali untuk mencoba membuat undangan digital...


Newsartstory
Comment Author Avatar
Wih sekarng nih serba digital. Bahkan, saya senang kalau dapat undangan dalam bentuk digital begini, biar sohibul hajat juga lebih hemat budget, dan lebih menarik juga tampilannya.
Comment Author Avatar
Wah iya nih sekarang modelipakai undangan digital begini ya.. Terima kasih sharing tipsnya ya.. insyaallah berguna bagi pembaca yg ingin buat juga
Comment Author Avatar
sekarang selain undangan fisik memang kebanyakan orang pakai undangan digital yaa bahkan ada pilihan buat ngasih amplop juga. hehe. bisa jadi bisnis juga undangan pernikahan digital ini
Comment Author Avatar
Sekarang emang zamannya serba digital termasuk juga undangan. Tetapi emang ngebantu banget buat ngundang saudara, teman dan relasi yang lokasinya cukup jauh sehingga gak bisa nganterin undangan secara langsung.
Comment Author Avatar
Saya juga pengguna canva. Sejak kenal canva, udah gak pakai photoshop lagi. Canva itu templatenya banyak dan yang paling penting adalah auto save.
Comment Author Avatar
Wuih keren banget nih kk! Saya juga pengen coba bikih, ah. Penasaran
Comment Author Avatar
Canva itu memang andalan banget sih untuk desain menurut saya. Sebagai orang yang awam dengan aplikasi-aplikasi desain yang sulit-sulit lainnya, dengan Canva, orang yang awam dengan desain pun bisa sat set menghasilkan kreasi yang ok.
Comment Author Avatar
Sejak ada pandemi covid19 saya sering mendapatkan undangan digital
Bagus dan lucu emang designnya itu. Ternyata di Canva kita malah bisa bikin sendiri ya
Makin keren pastinya secara bisa mengatur warna, gambar dan kreasi lainnya. Wuih jadi pengen coba buat ah...
Comment Author Avatar
Era digital semua serba mudah ya undanganpun dibuat digital jadi mudah dan praktis mau coba ah bkin jugaa.
Comment Author Avatar
Benerrr nih Canva tuh bisa dipake buat apa ajaaa, caranya tuh gampaang banget. Jadi lumayan bisa jadi sumber penghasilan tambahan juga buat yang punya jasa desain
Comment Author Avatar
Aplikasi ajaib banget siiih.. si Canva canva ini..
Soalnya buat yang awam sama desain, jadi bisa nge-desain apapun dengan cantik plus proporsi warna, huruf sampai ukuran bentuk desain yang diinginkan uda tersedia. Mantap!
Comment Author Avatar
Iya, kak.. jadi memudahkan yah.. narablog seperti kakaknya harus punya canva juga nih, ya?
Comment Author Avatar
Udah sering design. Punya cita-cita kalau nikah mau design undangan sendiri. Tapi tetep aja tuh nggak kepegang hahaha.
Comment Author Avatar
banyak keuntungannya memang undangan digital ya, selain hemat juga minim sampah, penyampaian juga bisa lebih cepat sehingga tidak memakan waktu lama.

Terima kasih atas kunjungan, kontribusi, komentar, support, saran dan kritik membangun untuk konten personal blog dan informasi aset digital marketing yang tersedia di website dirmanian.web.id.