Ingin Lebih Mengenali Pembaca Blog Kamu? Gunakan Ini Saja!

Selain sebagai media untuk berbagi informasi, pengalaman dan personal branding, sebuah website pribadi atau yang kerap dikenali dengan nama blog bisa juga dijadikan sebagai sarana silaturahmi antara pemilik blog (narablog/blogger) dengan pengakses atau pembaca blognya.

dirmanian.web.id

Nah.. agar bisa lebih mengenali pembaca blog, saat ini sudah tersedia tools dengan fitur menarik yang disediakan oleh Google. Mau tahu apa itu? silakan terus lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai, ya.... ;)

Mengapa harus kenal dengan pembaca blog?

Sama halnya seperti saat kita dikunjungi oleh beberapa teman maupun kolega. Jika kita sebelumnya sudah kenal dengan mereka, tentu kita sebagai tuan rumah akan lebih piawai ketika akan menjamu para tamu tersebut.

Apa saja topik pembicaraan yang akan lebih bisa menghidupkan suasana saat bersilaturahmi, hidangan apa saja yang sekiranya akan membuat mereka suka dan menikmati jamuan yang kita sajikan dan lain sebagainya.


Cara agar cepat kenal dengan pembaca blog

Lalu bagaimana caranya agar kita sebagai narablog (baca: pemilik personal blog/website pribadi) dapat dengan mudah mengenali pembaca yang berkunjung dan mengakses blog kita? mari kita uraikan beberapa cara mudahnya:

Sediakan Survey di Blog

Pelajari tentang pembaca Blog dengan menyediakan survei singkat berisi pertanyaan yang sekiranya akan dapat membuat kita lebih kenal dengan mereka, seperti:

  • Nama
  • Tempat Tinggal
  • Pendidikan Terakhir
  • Warna/Makanan/Minuman Kesukaan
  • Bagaimana Mereka Dapat Menemukan Blog Kita

Atau pertanyaan lain, silakan disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan atau karakter seperti apa yang ingin diketahui.

Sediakan Formulir Pendaftaran Online

Ajak pembaca blog mendaftarkan alamat email mereka di blog secara gratis. Ini berguna agar kita dapat lebih mengenali sejauh mana pembaca yang benar-benar tertarik dengan artikel yang kita sajikan di blog dan ingin terus menjadi pembaca tetap (baca: pembaca setia blog).

Manfaat setelah bisa lebih kenal dengan pembaca blog kita

Nah ini bagian yang paling penting yang perlu narablog ketahui. Manfaat setelah bisa lebih kenal dengan pembaca blog, siapa saja atau bagaimana karakternya atau apa yang mereka sukai akan sangat banyak sekali, sebut saja beberapa yang sudah pasti adalah seperti di bawah ini:

  1. Kita akan menjadi lebih mudah menentukan informasi atau artikel seperti apa yang akan disampaikan sesuai dengan karakteristik kebanyakan dari pembaca blog kita.
  2. Blog akan lebih mudah menyediakan konten premium yang dapat dinikmati pembaca khusus dengan nilai kontribusi yang telah ditentukan oleh pemilik blog.
  3. Bahkan jika memungkinkan, lebih jauh lagi seorang narablog bisa saja menyediakan layanan jasa digital atau jualan produk online di blog pribadi miliknya.

Kesimpulan

Jadi yang sekarang belum punya situs web pribadi berupa blog, silakan segera miliki sekarang juga. Karena manfaatnya banyak sekali, selain sebagai media berbagi juga bisa dijadikan sebagai sarana silaturahmi, komunikasi bahkan jual beli online.

Nah, seperti janji dirmanian.web.id di awal artikel ini, jika Ingin Lebih Mengenali Pembaca Blog Kamu? Gunakan Reader Revenue Manager dari Google, yang dapat diakses menggunakan alamat website resminya di: https://publishercenter.google.com. Selamat mencoba ya...:)

mas Dirman
mas Dirman Seorang Narablog yang menyukai konten seputar blog, teknologi, bisnis dan gaya hidup. Tertarik untuk memublikasikan informasi di blog ini? silakan hubungi melalui halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Ingin Lebih Mengenali Pembaca Blog Kamu? Gunakan Ini Saja!"